Perbedaan ROM dan RAM pada iPhone dan iPad

Tidak sedikit orang yang masih bingung soal istilah ROM dan RAM yang seringkali disematkan pada produk iPhone dan iPad. Lalu, sebenarnya apa sih arti dan makud dari ROM dan RAM, dan apa saja perbedaan diantara kedua istilah tersebut?


Perbedaan ROM dan RAM pada iPhone dan iPad

ROM atau Read-only Memory pada iPhone dan iPad, merupakan istilah yang merujuk pada penyimpanan data dalam iPhone dan iPad. Sebagai contoh, sebuah iPhone 12 Pro Max memiliki kapasitas penyimpanan 512 GB, nah penyimpanan 512 GB tersebutlah yang merupakan maksud dari istilah ROM yang seringkali digunakan pada iPhone dan iPad.

Dalam pengertian yang lebih luas, ROM sendiri sebenarnya merupakan istilah yang merujuk pada Chip yang mengatur sistem seperti Firmware / BIOS. Yaitu hanya dapat memberikan akses untuk dapat dibaca tanpa bisa ditulis atau dimodifikasi.

Sedangkan RAM atau Random-access memory memiliki artian yang lebih umum. Yaitu memori yang bertugas untuk menyimpan dan mengelola data sementara yang sedang dijalankan, contohnya aplikasi atau games.

Cara Kerja ROM dan RAM

ROM dan RAM memiliki tugasnya masing-masing. Ketika kalian menyimpan sebuah foto atau menginstall aplikasi, maka foto atau aplikasi tersebut akan tersimpan secara permanen ke dalam ROM dan dapat dimodifikasi sesuka hati.

Sedangkan RAM merupakan memori berkecepatan tinggi, yang memiliki tugas menampung sementara sistem atau aplikasi yang dijalankan, untuk selanjutnya diolah oleh perangkat keras lainnya seperti Chipset.

Kapasitas ROM dan RAM

Karena digunakan untuk menyimpan beragam data yang tidak akan hilang meskipun iPhone atau iPad dimatikan (permanen), seperti foto atau aplikasi yang memiliki ukuran besar. ROM tersedia dalam ukuran yang berlipat-lipat jauh lebih besar daripada RAM.

Untuk saat ini terdapat beragam pilihan kapasitas penyimpanan / ROM pada iPhone dan iPad, mulai dari 32 GB, 64 GB, 128 GB, 256 GB, 512 GB, hingga 1 TB (1000 GB).

Sedangkan karena RAM hanya berfungsi untuk menampung data sementara (aplikasi yang sedang berjalan), ukurannya secara otomatis akan jauh lebih kecil. RAM pada iPhone dan iPad tersedia mulai dari 2 GB, 3 GB, 4GB, hingga 6 GB.

Sebagai informasi tambahan juga, kapasitas RAM pada iPhone dan iPad tidak berpengaruh secara langsung pada kecepatan performanya. Komponen lainnya terutama "Chipset" merupakan hal yang paling memengaruhi cepat atau tidaknya performa sebuah iPhone dan iPad.

Pilihan Chipset yang terbaru dan kencang, pada umumnya akan kalian dapatkan pada produk iPhone dan iPad keluaran paling baru.

Kesimpulan...

Secara sederhana ROM istilah pada iPhone yang merujuk kapasitas penyimpanan data permanen, sedangkan RAM merujuk pada penyimpanan data sementara yang digunakan oleh aplikasi agar dapat berjalan.

Bagaimana sudah cukup mengerti? apabila mungkin ada yang masih bingung atau ingin ditanyakan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah ya.. Terima Kasih :)