Apa Fungsi Keterjangkauan / Reachability di iPhone?

Bagi pengguna iPhone pernahkah kalian menemukan menu "Keterjangkauan" atau dalam bahasa inggrisnya "Reachability", entah itu saat menjelajah pengaturan maupun saat membuka menu-menu yang tersedia pada Assistive Touch?


Lalu apa sebenarnya fungsi dari menu Keterjangkauan / Reachability tersebut? mengapa disebut sebagai "keterjangkauan" lalu apa yang dijangkau oleh fitur tersebut?

Fungsi Keterjangkauan / Reachability di iPhone

Saat mengoperasikan iPhone dengan satu tangan, terkadang kita cukup kesulitan meraih menu yang terletak dibagian atas layar. Dengan fitur Keterjangkauan / Reachability, iPhone dapat menurunkan layarnya agar kalian yang sedang menggunakan iPhone dengan satu tangan, dapat menjangkau menu yang berada dibagian atas layar.

Karena didesain khusus bagi pengguna yang sedang menggunakan satu tangan, fitur Keterjangkauan / Reachability dapat dengan mudah diaktifkan menggunakan satu tangan. Berikut cara-caranya:

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan fitur Keterjangkauan / Reachability

Pertama-tama pastikan kalian telah mengaktifkan menu Keterjangkauan / Reachability melalui aplikasi Pengaturan (Settings) > Aksesibilitas (Accessibility) > Sentuh (Touch). Jika sudah, silakan ikuti tutorial berikut untuk mengaktifkannya.

Khusus Pengguna iPhone dengan Tombol Home / Utama

  • Tap tombol Home / Utama sebanyak dua kali


Khusus Pengguna iPhone Layar Penuh

  • Swipe / Usap ke bawah diarea Gesture (contohnya lihat gambar di bawah)


Jika sudah maka tampilan layar aplikasi akan turun setengah dan kalian dapat dengan mudah menjangkau atau menyentuh area bagian atas dengan satu tangan.


Fitur Keterjangkauan / Reachability ini juga dapat kalian aktifkan melalui "Assistive Touch" (jika pakai), tepatnya ada di menu Perangkat (Device) > Lainnya (More).

Perlu diketahui juga bahwa fitur Keterjangkauan / Reachability tentu hanya dapat diterapkan apabila posisi layar iPhone dalam keadaan portrait (berdiri) bukan landscape (tidur / miring). Fitur ini hanya dimiliki oleh iPhone dan iPod touch saja, tidak untuk iPad.