Apple Rilis Skor Tingkat Kesulitan Memperbaiki iPhone dan Mac

Pertama kali dikabarkan oleh MacGeneration, untuk memenuhi peraturan perbaikan, website Apple Store di Prancis kini telah mulai menampilkan nilai skor perbaikan untuk produk iPhone dan Mac.


Skor yang diberikan oleh Apple yakni berkisar antara 0 hingga yang terbesar 10, semakin besar angka perbaikan maka semakin mudah iPhone tersebut diperbaiki.

Sebagai contoh, jajaran iPhone 12 memiliki skor perbaikan sebesar 6.0 / 10, sedangkan iPhone 11 ternyata memiliki skor perbaikan yang lebih kecil yakni 4.6 / 10. Hal ini mengidikasikan bahwa jajaran iPhone 12 ternyata lebih mudah diperbaiki dibandingkan dengan jajaran iPhone 11.

Dari pengamatan yang Admin dapatkan, untuk saat ini iPhone 7 masih memegang skor perbaikan yang paling tinggi diantara iPhone yang masih tersedia untuk dinilai dengan skor perbaikan sebesar 6.7 / 10.

Untuk MacBook Air 13 inci Apple memberikan skor perbaikan sebesar 6.5 / 10, kemudian MacBook Pro sedikit lebih unik, yakni untuk versi Apple M1 memiliki skor perbaikan lebih rendah sebesar 5.6 / 10, sedangkan untuk versi Intel memiliki skor perbaikan lebih baik sebesar 6.3 / 10.

Selain merilis Skor Perbaikan, Apple juga merilis halaman dukungan yang mendokumentasikan secara detail bagaimana skor tersebut ditentukan untuk setiap perangkat, berdasarkan pedoman yang dikeluarkan oleh Kementerian Transisi Ekologis (Prancis).

Uni Eropa sendiri telah mengeluarkan undang-undang Hak atas Perbaikan serupa, yang sepertinya dapat memaksa Apple untuk menunjukkan skor perbaikan diseluruh negara yang tercakup dalam anggota Uni Eropa.

[Sumber Referensi: iPhoneHacks]