Cara Mengubah Efek Transisi Icon di iPhone dengan Cylinder Reborn

Pernahkah kalian menemukan icon pada iPhone yang dapat berputar ketika halaman home screen digeser? ya, hal tersebut adalah efek transisi. Mungkin untuk beberapa vendor perangkat Android seperti Xiaomi maupun Oppo secara bawaan memiliki fitur transisi tersebut, namun bagaimana dengan iPhone?


iPhone sendiri secara bawaan tidak memiliki pilihan tambahan untuk efek animasi transisi saat menggeser atau berpindah halaman di home screen. Untuk saat ini hampir bisa dipastikan bahwa efek transisi tersebut berasal dari iPhone yang telah dijailbreak (modifikasi).

Contohnya bisa kalian lihat sendiri melalui gambar di bawah berikut:

Tweak Cylinder Reborn

Tweak Cylinder Reborn

Lalu bagaimana cara membuatnya? pertama-tama pastikan iPhone yang kalian gunakan telah dalam keadaan di "Jailbreak" ya, jika belum maka cara ini tidak dapat dilanjutkan. Bagi yang sudah, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut:

Cara Mengubah Efek Transisi Icon di iPhone dengan tweak Cylinder Reborn

do it at your own risk!

1. Buka aplikasi manajemen jailbreak yang ada di iPhone kalian, entah itu Cydia atau Sileo

2. Selanjutnya masuk ke menu Sources kemudian tambahkan alamat repo berikut jika belum ada


Cara menambahkan repo: tap menu Edit > Add

3. Jika sudah pada menu pencarian (bisa juga melalui menu Chariz pada halaman Sources) silakan cari dan install tweak Cylinder Reborn


4. Tahap selanjutnya silakan aktifkan dan atur tweak melalui aplikasi Pengaturan iPhone lalu cari menu Cylinder Reborn

Bagaimana keren kan? tweak Cylinder Reborn saat postingan ini ditulis telah mendukung iOS 11 hingga iOS 14, dan kemungkinan akan terus diupdate dimasa yang akan datang.

Sejauh ini, tweak tersebut sudah Admin coba sendiri dan dapat berjalan dengan lancar di iOS 14. Namun tidak menutup kemungkinan adanya bug atau bentrok dengan tweak serupa lainnya yang diinstall secara bersamaan.