Cara Melacak iPhone yang Hilang Tanpa Aplikasi Find My iPhone

Find My iPhone merupakan layanan atau aplikasi pada iPhone, yang digunakan untuk melacak keberadaan iPhone itu sendiri maupun seluruh perangkat yang terhubung ke satu akun iCloud yang sama.

Selain itu Find My iPhone seringkali digunakan juga untuk melacak keberadaan iPhone milik orang lain yang telah terhubung sebelumnya (berteman).


Khusus pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara melacak keberadaan iPhone yang hilang tanpa harus melalui aplikasi Find My iPhone, karena memang pada dasarnya aplikasi Find My iPhone yang terdapat pada iPhone bukanlah satu-satunya akses yang dapat digunakan untuk melacak keberadaan iPhone, kalian dapat melacak keberadaan iPhone secara langsung melalui website iCloud yang telah disediakan oleh Apple.

Namun sebelum melanjutkan ke cara melacak keberadaan iPhone, pastikan terlebih dahulu bahwa kalian memiliki akses ke akun iCloud yang digunakan atau terdapat pada iPhone yang hilang tersebut. Jika sudah siap, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Melacak iPhone yang Hilang Tanpa Aplikasi Find My iPhone

1. Siapkan smartphone lainnya (android juga bisa) atau gunakan laptop, komputer, mac, dan sejenisnya

2. Selanjutnya buka aplikasi browser (misalnya Google Chrome, Safari, Microsoft Edge)

3. Kemudian buka website berikut: https://www.icloud.com/ lalu langsung saja login / masukkan akun iCloud kalian

Pastikan akun iCloud merupakan akun iCloud yang digunakan atau terdapat pada iPhone yang hilang tersebut.


4. Jika sudah, sekarang silakan pilih menu Find iPhone


Apabila muncul "Two-Factor Authentication" dan kalian tidak dapat mengakses kode yang dikirimkan, langsung saja pilih menu Find iPhone


Jika muncul pesan "Find My iPhone has stopped responding" klik saja close lalu pilih Find My atau signout dan login kembali.

5. Bila berhasil, maka website iCloud akan menampilkan menu Find My iPhone dan kalian bisa melacak keberadaaan iPhone yang hilang tersebut.


Apabila iPhone dalam keadaan offline (mati atau tidak terhubung ke internet), biasanya Find My iPhone akan menampilkan lokasi terakhir dimana iPhone tersebut berhasil dilacak keberadaanya serta sudah berapa lama hal tersebut terjadi.

Untuk mengamankan iPhone apabila sudah kembali Online seperti menampilkan pesan khusus pada layar iPhone, mematikan seluruh pesan maupun pemberitahuan (kecuali panggilan telepon dan facetime), dan lain sebagainya, kalian bisa mengaktifkan menu Lost Mode.

Jika iPhone telah berhasil ditemukan, maka kalian cukup menonaktifkan kembali fitur Lost Mode di atas untuk dapat mengakses iPhone secara normal.

Baik itu saja informasi cara melacak iPhone yang hilang tanpa harus melalui aplikasi Find My iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.