Cara Mematikan / Menyalakan Alamat Pribadi WiFi di iPhone dan iPad

Untuk dapat terhubung ke dalam suatu jaringan WiFi, perangkat butuh diidentifikasi menggunakan sebuah alamat yang disebut sebagai MAC Address. Apabila iPhone atau iPad kalian seringkali terhubung ke beragam jaringan WiFi yang berbeda-beda, maka ada risiko hal ini dapat mempermudah operator untuk melacak dan mengidentifikasi aktivitas kalian melalui MAC Address tersebut.


Bagi yang khawatir akan ancaman Privasi, mulai dari iOS 14 dan iPadOS 14, iPhone dan iPad telah dilengkapi dengan fitur Alamat Pribadi atau Private Address yang berfungsi untuk mengacak MAC Address setiap kali terhubung ke jaringan WiFi manapun, tujuannya tentu saja agar tidak dapat dengan mudah dilacak.

Namun tidak sedikit juga pengguna iPhone dan iPad yang mengalami masalah saat menggunakan fitur yang secara otomatis aktif ini, dalam beberapa kasus tertentu mematikan fitur Alamat Pribadi atau Private Address dapat membantu mengatasi masalah yang berhubungan dengan jaringan WiFi.

Nah, pada postingan kali ini Admin sendiri akan membagikan cara mematikan fitur Alamat Pribadi atau Private Address WiFi di iPhone dan iPad kalian, kalau begitu langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Cara Mematikan / Menyalakan Alamat Pribadi WiFi di iPhone dan iPad

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone dan iPad

2. Kemudian masuk ke menu Wi-Fi

3. Selanjutnya tap icon (i) disamping nama WiFi yang sedang terhubung, sebagai contoh perhatikan gambar di bawah berikut


4. Jika sudah, silakan nonaktifkan menu Alamat Pribadi atau Private Address


5. Apabila muncul pesan seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah berikut, pilih saja Gabung Kembali (Rejoin).


6. Terakhir, jaringan WiFi akan disambungkan ulang secara otomatis dalam kondisi MAC Address tidak lagi teracak untuk WiFi yang diatur tersebut

Bagiamana tidak sulit kan? untuk menyalakan kembali fitur Alamat Pribadi atau Private Address, kalian cukup mengakses menu di atas kembali.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menonaktifkan fitur Alamat Pribadi dalam beberapa kasus dapat menangani masalah-masalah tertentu. Contohnya saja ketika jaringan WiFi yang akan digunakan melakukan filter Mac Address agar hanya perangkat tertentu saja yang dapat terhubung, dan atau lain sebagainya.

Disisi lain fitur Alamat Pribadi ini sangat disarankan untuk tidak dimatikan pada jaringan WiFi publik yang tidak digunakan untuk kepentingan tertentu.