Cara Mengubah Tampilan Kamera iPhone Menjadi Full Screen

Secara bawaan ukuran bingkai / layar yang digunakan oleh aplikasi Kamera iPhone saat akan mengambil foto tidaklah penuh, mengapa? sebab secara bawaan kamera iPhone menggunakan Aspect Ratio (panjang-lebar suatu gambar) sebesar 4:3.


Untuk membuat tampilan aplikasi kamera iPhone saat mengambil foto menjadi full screen, khususnya untuk iPhone yang ukuran layarnya sudah penuh, yang perlu dilakukan hanya mengubah Aspect Ratio ke 16:9.

Namun sayangnya tidak semua iPhone dapat melakukannya, dikarenakan telah menggunakan kamera ultra wide diketahui sampai saat ini hanya iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, atau lebih baru yang dapat mengubah Aspect Ratio ke ukuran 16:9.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk mengubah tampilan kamera iPhone agar menjadi full screen.

Mengubah tampilan layar Kamera iPhone menjadi Full Screen

1. Saat dalam mode Foto silakan tap jendela untuk menampilkan menu pengaturan kamera iPhone, contohnya silakan perhatikan gambar di bawah berikut.


2. Jika sudah, silakan tap pada menu Aspect Ratio yang secara default berada di posisi 4:3


3. Jika sudah, silakan ubah Aspect Ratio tersebut dari 4:3 ke 16:9


4. Terakhir, silakan lihat hasilnya, tampilan kamera foto di iPhone kalian akan menjadi lebih full screen


5. Untuk mengembalikan ke tampilan awal, kalian cukup mengubahnya kembali Aspect Ratio-nya ke 4:3.

Perlu diketahui juga, meskipun tampilannya lebih full screen, namun dari apa yang Admin temukan di iPhone 11 menunjukkan area foto yang dapat diambil areanya menjadi kurang lebar dibandingkan dengan Aspect Ratio 4:3, namun begitu hal ini dapat dengan mudah disiasati dengan mode Ultra Wide yang dimiliki iPhone 11.

Selain itu secara bawaan beberapa mode pada kamera iPhone 11 yang Admin coba seperti Video, Panorama, Slo-mo, dan Selang Waktu, secara bawaan telah menggunakan Aspect Ratio 16:9. Tak terkecuali mode Potret yang secara default menggunakan 4:3 dan tidak bisa diubah.