Peretas Demonstrasikan Jailbreak iOS 14 di iPhone 11

Apple belum lama ini merilis iOS 14.4, sedangkan iOS 14 sendiri hampir memasuki fase update final sebelum kita semua akan merasakan kehadiran iOS 15, namun sampai postingan ini ditulis, belum ada satupun jailbreak yang tersedia bagi pengguna iPhone XR atau lebih baru (termasuk iPhone XS, 11, SE 2020, dan 12).


Baru-baru ini muncul harapan dari video yang dibagikan oleh @pattern_F_ yang merupakan salah satu peneliti keamanan di ANT SECURITY LAB, dalam video yang dibagikannya tersebut terlihat iPhone 11 telah berhasil di-jailbreak.  


@pattern_F_ juga menjelaskan bahwa exploit 0-day yang digunakan bekerja untuk iOS 14.0 hingga iOS 14.2 untuk semua perangkat yang menggunakan chipset Apple A12 Bionic seperti iPhone XR dan iPhone XS.

Ia juga mengonfirmasi belum akan berniat merilis exploit 0-day ini ke publik, sebab Apple sendiri belum memperbaikinya.

Meskipun begitu, dengan hadirnya demonstrasi dari video tersebut, kita berharap saja jailbreak untuk iPhone XR atau lebih baru yang menggunakan iOS 14 akan segera hadir ke publik.

Sampai sekarang tidak tersedianya jailbreak untuk iPhone Xr atau lebih baru di iOS 14, menunjukan bahwa Apple serius dalam mencegah agar perangkat terbarunya tidak dapat dengan mudah di-jailbreak. Diketahui untuk saat ini satu-satunya jailbreak iOS 14 yang tersedia adalah melalui aplikasi Checkra1n namun terbatas untuk iPhone X atau lebih lama saja.