Cara Mengatasi Flash / Senter iPhone Tidak Menyala

Di iPhone Flash atau yang seringkali disebut sebagai Senter, merupakan sumber penerangan yang utamanya digunakan oleh Kamera maupun sebagai penerangan instan tergantung kebutuhan pengguna. Namun sayangnya, tidak sedikit pengguna iPhone yang mengalami masalah pada cahaya Flash atau Senter di iPhone mereka yang tiba-tiba tidak bisa menyala / berfungsi.


Apabila kalian merupakan salah satu pengguna yang mengalaminya, maka kalian sudah berada di tempat yang tepat, sebab pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara mudah untuk mengatasinya.

Banyak pengguna yang melaporkan bahwa masalah ini biasanya hanya disebabkan oleh hal yang cukup sepele, misalnya karena Bug alias error / kesalahan pada iOS. Hal ini cukup masuk akal, mengingat sangat jarang terjadi kasus dimana modul Flash LED di iPhone mengalami kerusakan.

Baik, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara berikut ini untuk mengatasi Flash atau Senter di iPhone yang Tidak Menyala.

Atur Kecerahan Flash Secara Manual

Trik ini cukup sederhana, namun masih banyak yang mungkin belum mengetahuinya. Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

1. Buka Control Center iPhone

2. Kemudian tap dan tahan pada icon Flash / Senter hingga muncul menu seperti yang ditunjukkan gambar kedua di bawah berikut


3. Jika sudah silakan atur tepat tap atau seret urutan menu tersebut ke arah atas untuk mengaktifkan dan mengatur kecerahan flash


4. Terakhir, apabila maka flash di iPhone kalian akan menyala kembali.

Trik Menyalakan Flash di Aplikasi Kamera iPhone

Trik pertama ini biasanya dapat bekerja dengan baik mengembalikan fungsi Flash atau Senter iPhone. Caranya sederhana, yang perlu dilakukan adalah cukup menggunakan atau menyalakan fitur Flash saat mengambil foto atau video melalui aplikasi Kamera iPhone. Setelah itu biasanya fungsi Flash / Senter iPhone akan berfungsi kembali secara keseluruhan.

Bagi yang belum paham, langsung saja ikuti cara di bawah berikut.

1. Pertama-tama silakan tutup terlebih dahulu aplikasi lain yang masih terbuka

2. Kemudian buka aplikasi Kamera iPhone lalu masuk ke menu Video

3. Selanjutnya silakan nyalakan Flash untuk Video yang berada dipojok kiri atas layar


4. Jika sudah silakan tap tombol Rekam dan pastikan Flash iPhone sudah menyala

5. Setelah itu langsung saja hentikan perekaman Video lalu keluar dari aplikasi Kamera dan silakan coba kembali nyalakan Flash / Senter melalui Control Center.

6. Apabila cara di atas masih belum berhasil, silakan coba gunakan Flash kembali namun melalui mode Foto.

Atur Kembali Pintasan Flash di Control Center

Cukup sederhana, coba atur kembali tepatnya hapus pintasan Flash di Control Center kemudian silakan ditambahkan ulang. Berikut caranya:

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings)

2. Kemudian masuk ke menu Pusat Kontrol (Control Center)

3. Selanjutnya silakan hapus pintasan Senter / Flashlight dengan cara tap icon (-) lalu tap Hapus.


4. Jika sudah silakan tambahkan kembali pintasan Senter / Flashlight dengan cara tap icon (+), lalu tempatkan lagi ke urutan paling atas dengan menahan lalu menyeret icon Strip 3 disamping menu Senter / Flashlight.


5. Terakhir, silakan buka control center iPhone kalian kemudian tap pada icon Senter dan lihat hasilnya.

Nonaktifkan Kilat LED Peringatan iPhone

Kilat LED Peringatan atau LED Flash for Alerts adalah fitur pada iPhone yang berfungsi sebagai peringatan dan tanda adanya panggilan atau notifikasi masuk dengan cara mengaktifkan kilatan flash iPhone. Apabila kalian menggunakan fitur ini, silakan coba nonaktifkan terlebih dahulu dan lihat hasilnya.

Untuk menonaktifkan fitur Kilat LED Peringatan / LED Flash for Alerts, silakan buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Aksesibilitas (Accessibility) > Audio/Visual.


Force Restart iPhone

Belum berhasil juga? silakan lakukan Force Restart atau Restart Paksa, metode Force Restart ini seringkali digunakan untuk mengatasi masalah pada iPhone yang secara tiba-tiba tidak merespon, maupun masalah lainnya seperti yang sedang dibahas saat ini. Kalau begitu langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk melakukan Force Restart.

Khusus iPhone 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, SE 2020, 12, 12 Mini, 12 Pro atau lebih baru.

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Khusus iPhone 7 dan 7 Plus.

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Volume Bawah.
  2. Kemudain Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

iPhone 6S, 6S Plus, SE 2016, 6, 6 Plus, 5S, atau lebih lama.

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Home.
  2. Kemudian Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Reset Pengaturan iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil dan flash di iPhone kalian tetap tidak mau menyala. Pertimbangkan juga untuk mencoba mereset pengaturan iPhone kembali ke pangaturan default tentunya tanpa menghapus data pribadi seperti foto atau kontak.

Kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum (General> Atur Ulang (Reset)

3. Terakhir silakan pilih menu Atur Ulang Pengaturan (Reset All Settings)

Jika sudah selesai, silakan coba kembali dan lihat hasilnya.

Update ke iOS versi Terbaru

Sebelum masuk ke cara selanjutnya, pastikan iPhone kalian telah menggunakan iOS versi terbaru yang tersedia saat ini. Untuk melakukan cek dan download / install iOS versi terbaru silakan masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update).

Apabila tersedia, silakan download dan install update terbaru yang tersedia tersebut.

Solusi Terakhir...

Semua cara di atas telah dilakukan namun hasilnya masih tetap nihil? ada kemungkinan iPhone kalian mengalami salah satu penyebab berikut.

  • Kerusakan pada modul Flash itu sendiri
  • Suhu iPhone meningkat drastis (terlalu panas / overheat)
  • Pertanda kerusakan pada Baterai


Apabila masalah masih juga belum teratasi, sangat disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke service center authorized Apple untuk tangani dan diagnosa lebih lanjut.

Baik itu saja cara-cara mengatasi Flash atau Senter iPhone yang tidak bisa menyala atau berfungsi. Tentu Admin berharap, salah satu cara di atas dapat mengatasi masalah yang kalian alami. Jika ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, jangan ragu langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.