Apa Fungsi Pintasan Aksesibilitas pada iPhone dan iPad?

Tidak sedikit pertanyaan yang Admin temukan yang menanyakan fungsi dari menu Pintasan Aksesibilitas atau Accessibility Shortcut pada iPhone dan iPad.


Sekilas menu tersebut mungkin sedikit terlihat membingungkan, namun jika diperhatikan lebih lanjut fitur tersebut sebenarnya berfungsi sebagai pintasan untuk mengaktfikan beragam fitur Aksesibilitas pada iPhone.

Berikut ulasan lengkapnya.

Fungsi Pintasan Aksesibilitas pada iPhone dan iPad

Pintasan Aksesibilitas atau Accessibility Sortcut berfungsi sebagai pintasan untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan dengan cepat beragam fitur Aksesibilitas pada iPhone dan iPad seperti AssistiveTouch, Filter Warna, Zoom, Tambah Kontras, Kontrol Suara, dan lain sebagainya dengan cara menekan tombol Power (Lock) atau tombol Home (Khusus iPhone dengan tombol Home) sebanyak tiga kali.

Sebagai contoh, disini Admin mengaktifkan menu AssistiveTouch, maka Admin hanya perlu menekan tombol Power (Lock) atau tombol Home (Khusus iPhone dengan tombol Home) sebanyak tiga kali untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur AssistiveTouch tersebut tanpa perlu menjelajahi menu pengaturan iPhone terlebih dahulu.


Menu Pintasan Aksesibilitas di Pusat Kontrol

Selain tombol, kalian juga bisa menambahkan menu Pintasan Aksesibilitas ke Pusat Kontrol (Control Center) iPhone untuk mengaktifkan pintasan yang sudah dipilih.

Caranya silakan buka aplikasi Pengaturan > Pusat Kontrol kemudian cari dan tambahkan menu "Pintasan Aksesibilitas".


Jika sudah buka Pusat Kontrol di iPhone kalian kemudian tap pada menu / ikon "Pintasan Aksesibilitas", sekarang kalian dapat mengaktifkan beragam pintasan aksesibilitas yang sudah dipilih sebelumnya.


Bagaimana mudah bukan? dengan adanya fitur Pintasan Aksesibilitas kalian dapat mengaktifkan beragam fitur seperti AssistiveTouch, Filter Warna, dan lain sebagainya dimana saja dan kapan saja tanpa perlu masuk ke aplikasi Pengaturan.