Trik Cara Menyembunyikan Aplikasi di iPhone dan iPad

Ingin menyembunyikan aplikasi di iPhone dan iPad? jika ya maka kalian sedang berada di halaman yang tepat, sebab pada postingan kali ini Admin akan membagikan Trik untuk menyembunyikan aplikasi di iPhone.


Meskipun begitu sebelum melanjutkan perlu diperhatikan terlebih dahulu bahwa cara di bawah ini mungkin tidak sepenuhnya menyembunyikan aplikasi dan dapat dengan mudah diketahui, terutama untuk yang sudah mengetahui trik ini.

Sembunyikan Aplikasi melalui Halaman Home screen

Sejak dirilisnya iOS 14 pengguna iPhone kini dapat menyembunyikan halaman pada home screen, hal ini dapat kalian manfaatkan juga untuk menyembunyikan aplikasi.

Tapi... ada tapinya nih, cara ini sangat teramat mudah untuk terbongkar, sebab aplikasi yang disembunyikan akan tetap tampil di halaman Perpustakaan App, pencarian aplikasi, maupun menu-menu lainnya pada iPhone seperti menu Penyimpanan iPhone.

Bagi yang ingin tetap melanjutkan menggunakan trik ini, silakan ikuti cara-cara berikut ini.

1. Pertama-tama, pindahkan / tempatkan aplikasi yang akan disembunyikan di satu halaman pada home screen

2. Jika sudah, masih dimode untuk mengedit halaman home screen iPhone, silakan tap menu titik yang ada dibagian bawah layar, contohnya bisa lihat pada gambar di bawah


3. Selanjutnya, silakan nonaktifkan (hapus centang / ditap) pada menu halaman home screen yang ingin disembunyikan, contohnya bisa lihat pada gambar di bawah


4. Jika sudah tap menu Selesai dan lihat hasilnya.. halaman aplikasi tersebut kini telah dalam keadaan tersembunyi dan untuk mengembalikannya kalian cukup mencentang kembali menu halaman yang disembunyikan tersebut.

Sembunyikan Aplikasi Menggunakan Fitur Durasi Layar (terbatas)

Durasi Layar atau Screen Time merupakan salah satu fitur pada iPhone yang berfungsi untuk memantau aktivitas penggunaan iPhone maupun fitur-fitur pembatasan lainnya. Nah dengan memanfaatkan fitur Pembatasan tersebut, kita dapat menyembunyikan beberapa aplikasi pada iPhone.

Namun sayangnya untuk saat ini aplikasi yang dapat disembunyikan sangatlah terbatas, yakni seperti aplikasi Mail, Safari, FaceTime, Kamera, iTunes Store, Podcast, dan beberapa aplikasi lainnya yang merupakan aplikasi bawaan iPhone.

Bagi yang ingin tetap melanjutkan, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut.

1. Langsung saja buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Durasi Layar

Sebagai catatan, apabila menu durasi layar belum diatur silakan diatur dulu.

3. Jika sudah, langsung saja masuk ke menu Pembatasan Konten & Privasi lalu nyalakan menu Pembatasan Konten & Privasi dan pilih lagi menu App yang Diizinkan


4. Sekarang silakan nonaktifkan menu pada aplikasi yang akan disembunyikan


5. Terakhir, silakan lihat hasilnya, aplikasi secara otomatis akan hilang alias disembunyikan, untuk mengembalikan kembali aplikasi yang disembunyikan kalian cukup menyalakan kembali menu yang tadi sudah dinonaktifkan.

Nah, bagaimana menurut kalian? apakah cara-cara di atas cukup membantu dalam menyembunyikan aplikasi di iPhone maupun iPad kalian?

Mungkin cara-cara di atas tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Memang untuk saat ini sendiri belum ada cara yang benar-benar dapat menyembunyikan aplikasi di iPhone maupun iPad, tepatnya sangat terbatas / tidak menutup kemungkinan hanya untuk iPhone dan iPad yang sudah jailbreak saja.

Baik itu saja informasi trik cara menyembunyikan aplikasi di (iOS) iPhone dan (iPadOS) iPad yang dapat Admin bagikan. Apabila ada yang ingin disampaikan atau mungkin tambahkan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)