Cara Mengatasi Touch ID iPhone dan iPad Kurang Sensitif / Responsif

Touch ID atau Pemindai Sidik Jari (Fingerprint) merupakan salah satu fitur keamanan yang dimiliki dan digunakan di beberapa model iPhone dan iPad, seperti contoh iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 7, iPhone 8, iPhone SE, iPad 8, iPad Mini 5, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Meski begitu, tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan bahwa Touch ID di iPhone atau iPad mereka menjadi kurang sensitif, responsif, dan terkadang sulit mendeteksi dan akhirnya gagal sehingga pengguna tidak jarang harus membuka kunci iPhone dengan memasukan password secara manual.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian dapat mencoba mengikuti beberapa tips sederhana berikut.

Bersihkan Area Touch ID

Area sensor Touch ID (fingerprint) yang kotor, seringkali menjadi penyebab mengapa Touch ID iPhone sulit mendeteksi sidik jari dan akhirnya malah berujung gagal.

Untuk mengatasinya kalian cukup membersihkan area Touch ID (fingerprint) menggunakan kain atau tisu yang halus secara perlahan, selain itu pastikan juga area sensor Touch ID dalam keadaan kering.

Restart iPhone

Selanjutnya, merestart iPhone atau secara sederhana mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali, mungkin saja dapat memperbaiki masalah pada Touch ID yang kurang sensitif yang biasanya disebabkan oleh bug pada iOS.

Setelah iPhone menyala jangan lupa masukkan kembali password pada iPhone terlebih dahulu kemudian coba kembali Touch ID dan lihat hasilnya.

Daftarkan Kembali Touch ID

Selanjutnya, untuk mengatasi Touch ID yang kurang sensitif / responsif, pertimbangkan untuk mendaftarkan kembali Touch ID melalui aplikasi Pengaturan (Settings) > Touch ID & Kode Sandi (Touch ID & Passcode).

Sebelum mendaftarkan atau menambahkan kembali Touch ID, pastikan area sensor Touch ID dalam keadaan bersih.

Selain itu, kalian juga dapat mencoba menambahkan / mendaftarkan jari yang sama untuk meningkatkan akurasi Touch ID (maksimal 5 sidik jari).

Update ke iOS versi Terbaru

Selain itu coba update juga iOS pada iPhone atau iPadOS pada iPad kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Tidak jarang, iOS versi terbaru membawa sejumlah perbaikan, peningkatan, maupun pengoptimalan yang mungkin saja dapat memperbaiki masalah Touch ID yang kuran sensitif / responsif.

Apabila masalah pada Touch ID tidak juga teratasi dan dirasa semakin memburuk bahkan tidak mau merespon sama sekali, kalian mungkin perlu membawa iPhone tersebut ke penyedia servis resmi Apple untuk mendapatkan solusi atau penanganan lebih lanjut terkait masalah pada Touch ID tersebut.

Baik, itu saja informasi atau tips cara mengatasi Touch ID pada iPhone maupun iPad yang kurang sensitif atau responsif. Apabila ada yang ingin disampaikan atau tambahkan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.