Cara Mengatasi Hotspot Pribadi iPhone Hilang Setelah Direset Pengaturan

Tidak sedikit pengguna yang setelah melakukan reset pengaturan bahkan menghapus seluruh konten pada iPhone, mendapati bahwa menu Personal Hotspot / Hotspot Pribadi di iPhone mereka tidak ada alias hilang.


Hilangnya menu Hotspot Pribadi setelah melakukan reset pengaturan maupun data, merupakan hal yang cukup wajar mengingat seluruh pengaturan termasuk yang digunakan untuk mengaktifkan Hotspot Pribadi juga ikut hilang atau tereset.

Namun tidak perlu khawatir untuk mengembalikkan menu Hotspot Pribadi (Personal Hotspot) pada iPhone yang hilang tersebut kalian cukup mengatur atau memasukkan kembali pengaturan APN jaringan.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya di bawah berikut.

Cara Mengatasi / Mengembalikan Hotspot Pribadi di iPhone yang Hilang Setelah Direset Pengaturan

1. Pertama-tama langsung saja buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Selanjutnya masuk ke menu Seluler dan pilih lagi menu Jaringan Data Seluler

3. Kemudian silakan masukan nama APN dari provider jaringan yang kalian gunakan pada seluruh kolom APN yang tersedia, terutama pada menu Hotspot Pribadi.


Berikut adalah daftar APN sesuai dengan Provider Penyedia Jaringan Seluler yang ada di Indonesia.

Untuk memastikan lebih lanjut soal informasi APN, kalian bisa juga menghubungi provider / operator seluler yang digunakan.

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

Contoh memasukan APN bisa dilihat melalui gambar di bawah berikut.


4. Jika sudah, langkah terakhir silakan restart jaringan iPhone dengan cara menyalakan Mode Pesawat kemudian mematikannya kembali.

Apabila menu Hotspot Pribadi / Personal Hotspot masih belum muncul, coba tutup aplikasi Pengaturan kemudian buka kembali, jika masih juga belum berhasil coba restart iPhone (matikan iPhone kemudian langsung nyalakan kembali).

Bagaimana apakah sudah berhasil? apabila menu Hotspot Pribadi pada iPhone masih tidak juga muncul, kalian bisa mencoba menghubungi provider / operator seluler yang digunakan pada iPhone tersebut.

Selain itu, jangan lupa juga update iOS pada iPhone ke versi terbaru apabila tersedia untuk memastikan iPhone dapat bekerja dengan lebih optimal.