Cara Setting Personal Hotspot di iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max

Cukup banyak pertanyaan yang seringkali Admin temukan soal "Bagaimana cara mengatur, setting, menampilkan, atau memunculkan Personal Hotspot (Hotspot Pribadi) di iPhone 11, iPhone 11 Pro, atau iPhone 11 Pro Max?".


Sebenarnya cara-cara mengatur atau menampilkan menu Personal Hotspot di semua iPhone hampir sama saja dan tidak ada bedanya. Cara-cara ini sebelumnya sudah sering Admin bahas pada postingan lainnya, namun memang judulnya tidak secara spesifik ditujukan untuk iPhone tertentu, karena kembali seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa mengatur Personal Hotspot di semua iPhone caranya tidaklah berbeda jauh atau sama saja.

Baik, kalau begitu langsung saja bagi yang menggunakan iPhone 11, iPhone 11 Pro, maupun iPhone 11 Pro Max, silakan ikuti cara di bawah berikut untuk setting, mengatur, menampilkan, atau memunculkan menu Personal Hotspot di iPhone kalian.

Cara Mengatur (Setting) Personal Hotspot di iPhone 11, 11 Pro dan 11 Pro Max

1. Langkah pertama langsung saja buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Seluler (Cellular) lalu pilih lagi menu Jaringan Data Seluler (Cellular Data Network)


3. Selanjutnya silakan masukan konfigurasi APN dari provider jaringan yang digunakan pada kolom APN yang tersedia, khususnya pada menu Hotspot Pribadi (Personal Hotspot).

Berikut adalah daftar APN sesuai dengan Provider Penyedia Jaringan Seluler yang ada di Indonesia.

Untuk memastikan lebih lanjut soal informasi APN, kalian bisa juga menghubungi provider / operator seluler yang digunakan.

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

Contoh memasukan APN bisa dilihat pada gambar berikut:


4. Jika sudah, langkah yang terakhir silakan restart jaringan iPhone dengan cara mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) kemudian menonaktifkannya kembali.


Apabila menu Personal Hotspot masih belum muncul coba tutup aplikasi Pengaturan iPhone kemudian buka kembali, jika masih belum muncul juga coba restart iPhone atau bisa menggunakan cara force restart berikut:

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Jika berhasil, menu Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi dapat kalian temukan pada menu utama aplikasi Pengaturan.


Untuk mengaktifkan Personal Hotspot / Hotspot Pribadi silakan tap menu Izinkan Akses (Allow Others to Join). Sedangkan untuk mengatur Password tap pada menu Kata Sandi Wi-Fi (Wi-Fi Password).


Untuk nama Personal Hotspot sendiri akan mengikuti sesuai nama iPhone (Baca Juga: Cara Mengubah Nama Personal Hotspot iPhone dan iPad).

Sebagai informasi tambahan, perangkat yang terhubung ke akun iCloud yang sama dengan perangkat yang mengaktifkan personal hotspot, dapat langsung terhubung tanpa memerlukan password.

Untuk melihat penggunaan kuota Personal Hotspot silakan masuk ke menu Seluler (Celluler) > Hotspot Pribadi (Personal Hotspot), selengkapnya: Cara Cek Pemakaian Kuota Hotspot Tethering di iPhone dan iPad

Baik, itu saja informasi cara setting Personal Hotspot di iPhone 11, iPhone 11, maupun iPhone 11 Pro. Apabila ada yang ingin disampaikan langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)