Cara Setting Personal Hotspot di Semua iPhone dan iPad

Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi merupakan fitur penting pada iPhone yang berfungsi untuk membagikan Internet ke perangkat lainnya melalui sambungan WiFi, Bluetooth maupun Kabel. Secara bawaan fitur Personal Hotspot tidak secara langsung tersedia, kalian perlu melakukan beberapa pengaturan agar fitur Personal Hotspot dapat digunakan.


Nah pada postingan kali ini, admin akan membagikan cara Setting Personal Hotspot untuk semua model iPhone, seperti:

  • iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE 2016, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone Xr, iPhone Xs, iPhone Xs Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE 2020, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max atau lebih baru.

Termasuk juga operator seluler yang kalian gunakan, seperti: 

  • Telkomsel, Indosat, Smartfren, XL, Axis, Tri dan By.u

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara seting / mengatur Personal Hotspot di iPhone maupun iPad kalian.


Cara Setting Personal Hotspot di Semua iPhone dan iPad

1. Pertama, silakan buka aplikasi Pengaturan iPhone dan pastikan juga Data Seluler telah dalam keadaan aktif

2. Kemudian masuk ke menu Seluler > Pilihan Data Seluler


3. Selanjutnya silakan isi kolom APN dengan pengaturan nama APN yang disediakan oleh operator yang kalian gunakan, berikut daftarnya:

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

Contohnya bisa kalian lihat pada gambar di bawah berikut:


Untuk kolom lainnya seperti Nama Pengguna, Kata Sandi, MMSC dan lain sebagainya, bisa kalian kosongkan saja, kecuali jika memang diminta untuk diisi oleh Operator yang kalian gunakan.

4. Terakhir, apabila sudah silakan nyalakan Airplane Mode / Mode Pesawat kemudian matikan kembali.


5. Jika sudah maka menu Personal Hotspot secara otomatis akan muncul pada menu utama di aplikasi Pengaturan iPhone atau iPad kalian.


Sebagai Informasi Tambahan, apabila menu Personal Hotspot belum juga muncul silakan tutup aplikasi Pengaturan kemudian buka kembali, apabila masih belum muncul juga coba lakukan restart iPhone (matikan kemudian nyalakan kembali).

6. Untuk mengubah password dan menyalakan Personal Hotspot, silakan buka menu Personal Hotspot / Hotspot Pribadi tersebut, lalu silakan ubah password pada menu Kata Sandi Wi-Fi atau Wi-Fi Password


7. Jika sudah untuk menyalakan Personal Hotspot silakan tap pada menu Izinkan Akses atau Allow Others to Join

8. Sebagai catatan, apabila WiFi atau Bluetooth pada iPhone dalam keadaan aktif, maka Personal Hotspot secara otomatis akan membagikan sambungan melalui WiFi atau Bluetooth tersebut. Namun jika dalam keadaan tidak aktif, maka fitur Personal Hotspot akan mengonfirmasi sambungan yang akan dibagikan.



Bagaimana tidak sulit kan? sedikit informasi, fitur Personal Hotspot sangat bergantung juga pada pengaturan jaringan APN yang disediakan oleh Operator masing-masing. Apabila kalian mengalami masalah, misalnya Personal Hotspot tiba-tiba saja mati dengan sendirinya, silakan tanyakan lebih lanjut ke costumer service masing-masing Operator untuk pengaturan atau ketersediaan fitur Personal Hotspot.

Baik itu saja cara Setting atau Mengatur fitur Personal Hotspot / Hotspot Pribadi di Semua iPhone dan iPad untuk pengguna Telkomsel, Indosat (im3), XL, Smartfren, Axis, Tri, By.u dan lain sebagainya. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih :)