Cara Menggunakan Pengenalan Musik di iPhone dan iPad

Apple baru saja memperkenalkan fitur Pengenalan Musik atau Music Recognition dari aplikasi Shazam untuk iPhone dan iPad, melalui iOS 14.2 atau lebih baru. Fitur tersebut dapat kalian gunakan untuk mendeteksi atau mengetahui beragam judul lagu dan musik dari dalam aplikasi ataupun suara yang berasal dari luar.


Nah fitur Pengenalan Suara ini tidak berbentuk aplikasi ya, melainkan berbentuk sebuah modul atau menu yang dapat kalian temukan pada Control Center / Pusat Kontrol iPhone dan iPad. Namun secara bawaan fitur tersebut tidak secara otomatis di tambahkan ke dalam Control Center iPhone atau iPad.

Kalau begitu langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk menggunakan atau menambahkan fitur Pengenalan Suara di iPhone dan iPad ke dalam Control Center.

Cara Menambahkan Fitur Pengenalan Musik di Control Center iPhone dan iPad

Sebelum melanjutkan, pastikan kalian telah menggunakan iOS 14.2 atau lebih baru. Untuk cek versi iOS yang digunakan silakan masuk ke Pengaturan > Umum > Mengenai. Untuk melakukan update ke iOS versi terbaru silakan masuk ke Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak.

1. Pertama silakan buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Lalu masuk ke menu Control Center atau Pusat Kontrol


3. Jika sudah silakan cari menu Pengenalan Musik atau Music Recognition

4. Lalu tap menu tanda (+) disampingnya untuk menambahkan menu tersebut ke dalam Control Center


5. Sekarang kalian dapat menemukan menu Pengenalan Suara atau Music Recognition tersebut di Control Center iPhone atau iPad kalian


Cara Menggunakan Fitur Pengenalan Musik di iPhone dan iPad

1. Pertama-tama silakan putar dulu atau cari dulu Suara yang akan dikenali (bisa dari dalam aplikasi, video atau dari luar)

2. Kemudian nyalakan fitur Pengenalan Musik melalui Control Center (di tap saja)


3. Jika sudah tutup control center lalu diamkan dan tunggu hingga fitur Pengenalan Suara tersebut mendeteksi judul Musik atau Lagu pada suara yang sedang didengarkan atau kalian putar

4. Hasil judul lagu atau suara yang dideteksi akan ditampilkan melalui Banner notifikasi :)


Sebagai catatan, apabila ingin mendeteksi suara dari dalam aplikasi atau video pastikan kalian sedang tidak menggunakan Earphone atau sejenisnya ya.. sebab fitur Pengenalan Musik ini memanfaatkan Mikrofon untuk mendeteksi suara.

Baik itu saja infomrasi cara menggunakan fitur Pengenalan Suara / Sound Recognition di iPhone dan iPad, iOS 14 atau lebih baru. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah :)