Cara Mengetahui Judul Lagu / Musik Lewat Suara di iPhone Tanpa Aplikasi

Ingin mengetahui atau mendeteksi judul lagu dan musik melalui suara dari dalam aplikasi seperti TikTok, Instagram, YouTube, Facebook maupun suara yang bersumber dari video atau luar tanpa perlu download aplikasi?


Kabar baiknya, bagi kalian pengguna iOS / iPadOS iPhone dan iPad kini Apple telah mengintegerasikan fitur Pengenalan Musik atau Sound Recognition pada Pusat Kontrol / Control Center mulai dari iOS 14.2 atau lebih baru.

Nah bagi yang ingin mengetahui judul musik lewat suara di iPhone maupun iPad tanpa aplikasi, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Mengetahui Judul Lagu / Musik Lewat Suara di iPhone Tanpa Aplikasi

Pertama pastikan kalian telah menggunakan iOS 14.2 atau lebih baru. Jika belum, untuk melakukan update siapkan koneksi WiFi dan Baterai minimal 50%, lalu masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak kemudian download dan install update iOS terbaru apabila tersedia.

1. Pertama-tama kita akan menambahkan Pintasan / Shortcut menu Pengenalan Musik ke dalam Pusat Kontrol iPhone, caranya:

  • Buka aplikasi Pengaturan lalu masuk ke menu Pusat Kontrol (control center)
  • Selajutnya silakan cari dan tambahkan pintasan menu Pengenalan Musik (tap menu tanda tambah '+' disampingnya)

2. Jika sudah silakan buka aplikasi yang akan dideteksi judul suara musik atau lagunya, sebagai contoh disini admin akan mendeteksi lagu dari video pada aplikasi TikTok


3. Selanjutnya buka Pusat Kontrol (control center) iPhone lalu tap pada menu / icon Pengenalan Musik


4. Jika sudah, tutup menu Pusat Kontrol dan putar musik atau lagu pada aplikasi yang akan dideteksi

5. Apabila berhasil maka fitur Pengenalan Musik akan menunjukan Judul Lagu dari musik atau lagu yang diputar tersebut melalui panel notifikasi :)


Bagaimana keren kan? yang lebih kerennya lagi Pendeteksian Musik tersebut dapat mendeteksi hampir semua Lagu atau Musik loh.. namun begitu lagu-lagu atau musik hasil campur aduk (remix) sendiri yang belum terkenal agak sulit dideteksi, mungkin untung-untungan juga.

Oke itu saja cara mengetahui Judul / Musik lewat suara di iPhone dan iPad menggunakan fitur Pengenalan Musik. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan pada kolom komentar di bawah, terima kasih.