Cara Mengatasi Personal Hotspot iPhone Sering Mati Sendiri

Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi merupakan salah satu fitur penting pada iPhone dan iPad untuk berbagi internet ke perangkat lainnya. Namun begitu tidak sedikit pengguna iPhone yang mengalami masalah dimana Personal Hotspot sering mati secara tiba-tiba.


Lalu apa sih penyebab Personal Hotspot yang sering mati secara tiba-tiba tersebut, dan bagaimana cara mengatasinya?


Pastikan APN Sudah Diatur dengan Benar

Fitur Personal Hotspot pada iPhone sangat bergantung dari pengaturan APN yang disediakan oleh operator seluler. Jadi pastikan kalian telah mengatur APN sesuai dengan operator yang kalian gunakan, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara mengatur APN berikut ini.

1. Pertama silakan buka aplikasi Pengaturan 

2. Lalu masuk ke menu Seluler > Jaringan Data Seluler


3. Sekarang masukan informasi APN pada seluruh kolom APN yang tersedia

Sebagai contoh, bagi pengguna operator Telkomsel silakan masukan " telkomsel " (tanpa tanda petik ya) pada seluruh kolom APN, untuk menu Nama PenggunaKata sandi dan lain sebagainya tidak perlu diisi.


Berikut daftar nama APN untuk semua operator, dan ingat masukan APN berikut ke seluruh kolom APN yang ada di pengaturan APN iPhone, khusunya menu APN untuk Hotspot Pribadi / Personal Hotspot.

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

4. Terakhir, apabila sudah selesai silakan kembali ke menu utama aplikasi Pengaturan iPhone, kemudian nyalakan menu Mode Pesawat (Airplane Mode) lalu tunggu sekitar 5 detik dan matikan kembali menu Mode Pesawat tersebut.

Jika sudah silakan lihat hasilnya.

Restart / Force Restart iPhone

Restart atau Force Restart merupakan salah satu cara terbaik untuk menangani beragam masalah pada iPhone, jadi apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil, coba restart iPhone kalian dengan cara dimatikan lalu dinyalakan kembali atau gunakan metode force restart berikut ini.

iPhone 8, Xr, Xs, 11, 12, SE 2020 atau lebih baru

  • (lakukan dalam tempo yang cepat) Tekan tombol Volume Atas lalu lepas, kemudian Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas, terakhir Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple alias Restart

iPhone 7 dan 7 Plus

  • Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan hingga iPhone Restart

iPhone 6S, 6, 5S atau lebih lama

  • Tekan dan Tahan tombol  Power / Lock dan Home secara bersamaan hingga iPhone Restart

Update ke iOS versi Terbaru

Tidak jarang masalah tersebut diakibatkan oleh bug pada iOS yang kalian gunakan, untuk coba mengatasinya silakan update iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini.

Caranya mudah, pertama siapkan internet yang bersumber dari koneksi WiFi (bisa menggunakan data seluler asalkan sudah mendukung 5G) dan baterai minimal 50%. Jika sudah silakan buka aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, lalu download dan install pembaruan / update apabila tersedia.

Reset Pengaturan Jaringan iPhone

Cara ini akan mereset pengaturan jaringan di iPhone kalian ke pengaturan pabrik / bawaan iPhone termasuk fitur Personal Hotspot. Untuk melakukannya silakan ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum (General) > Atur Ulang (Reset)

3. Jika sudah silakan pilih menu Atur Ulang Pengaturan Jaringan atau Reset Network Settings


Jika sudah silakan cek kembali hasilnya.

Cek Dukungan Personal Hotspot oleh Operator Masing-Masing

Seperti langkah pertama di atas, tidak semua operator seluler mendukung Personal Hotspot. Ya, dukungan Personal Hotspot bukan hanya bergantung pada iPhone saja, melainkan bergantung juga dari operator seluler yang kalian gunakan. Jadi apabila cara-cara di atas masih belum membuahkan hasil, silakan hubungi operator seluler yang kalian gunakan dan tanyakan masalah yang kalian alami.


Oke, bagaimana apakah cara-cara di atas sudah berhasil memperbaiki Personal Hotspot di iPhone maupun iPad kalian yang sering mati sendiri? dari pengalaman Admin, cara pertama dan terakhir di atas merupakan biang kerok utamanya, namun mungkin kalian punya pengalaman berbeda? boleh dong dibagikan di kolom komentar di bawah? good luck!