4 Cara Mengatur AssistiveTouch Tanpa Masuk ke Pengaturan iPhone / iPad

AssistiveTouch merupakan salah satu fitur pada iPhone yang berfungsi sebagai pintasan yang akan selalu tampil di layar, pintasan yang disediakan AssistiveTouch seperti untuk mengubah volume suara, melakukan screenshot, mengunci layar, pengganti tombol home, membuka pusat kontrol / pemberitahuan, dan masih banyak lagi yang lainnya.


Uniknya, jika sedang tidak digunakan menu AssistiveTouch dapat menyatu dengan tampilan pada layar (menjadi lebih transparan) sehingga tidak terlalu mengganggu tampilan.

Namun disisi lain mungkin ada sebagian pengguna yang ingin menonaktifkan atau mengaktifkan fitur AssistiveTouch disaat-saat tertentu saja.

Nah, tanpa harus sering-sering masuk ke aplikasi Pengaturan hanya untuk mengatur (mengaktifkan / menonaktifkan) fitur AssistiveTouch, kalian bisa mencoba beberapa cara berikut ini untuk melakukannya secara cepat.

Gunakan Fitur BackTap

BackTap atau Ketuk Bagian Belakang merupakan salah satu fitur pintasan yang memanfaatkan ketukan atau tap dibagian belakang iPhone sebagai pintasan ke yang sudah dipilih atau diatur sebelumnya. Namun sayangnya perlu diketahui juga bahwa fitur ini hanya tersedia untuk iPhone 8 atau lebih baru.

Fitur BackTap ini dapat kalian manfaatkan juga untuk mengatur fitur AssistiveTouch secara cepat, kalau begitu langsung saja ikuti caranya berikut ini.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Sentuh > Ketuk Bagian Belakang

3. Jika sudah silakan pilih tindakan untuk mengaktifkan pintasan yakni ingin mengetuk dua kali atau tiga kali

4. Selanjutnya pada daftar silakan pilih menu AssistiveTouch


Sekarang silakan tap bagian belakang iPhone kalian sebanyak yang sudah diatur tadi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur AssistiveTouch.

Klik 3 Kali Tombol Home

Bagi pengguna iPhone dengan tombol Home terutama bagi yang tidak kedapatan fitur Back Tap, kalian dapat mengatur AssistiveTouch cukup dengan menekan / klik tombol Home sebanyak 3 kali.

Namun hal ini umumnya tidak langsung dapat dilakukan, melainkan pengguna harus mengaturnya terlebih dahulu. Berikut cara-caranya:

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Pintasan Aksesibilitas

3. Lalu pilih menu AssistiveTouch


Terakhir silakan klik atau tekan tombol Home iPhone sebanyak 3 kali dengan tempo menekan agak cepat untuk mengaktifkan pintasan ke AssistiveTouch.

Melalui Pusat Kontrol

Selain kedua cara di atas, kalian juga dapat mengatur AssistiveTouch melalui Pusat Kontrol / Control Center iPhone. Bagaimana caranya?

Sama sepeti cara kedua di atas, disini pengguna harus memilih / mengaktifkan terlebih dahulu pintasan aksesibilitas untuk AssistiveTouch. Berikut caranya:

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Pintasan Aksesibilitas

3. Lalu pilih menu AssistiveTouch


4. Jika sudah, kembali ke halaman utama aplikasi Pengaturan kemudian pilih menu Pusat Kontrol / Control Center

5. Selanjutnya cari dan tambahkan menu "Pintasan Aksesibilitas" ke dalam Pusat Kontrol


6. Terakhir, silakan buka Pusat Kontrol lalu tap pada menu Pintasan Aksesibilitas untuk mengatur AssistiveTouch


Melalui Virtual Assistant Siri

Siri adalah virtual assistant yang merupakan bagian dari iPhone, iPad, iPod touch, Apple Watch, Mac, Apple TV, hingga HomePod.

Kalian juga dapat mengatur AssistiveTouch melalui virtual assistant Siri, yakni dengan mengatakan perintah seperti "Hey Siri, please turn off AssistiveTouch" atau "Hey Siri, please turn on AssistiveTouch".


Bagaimana cukup banyak cara bukan untuk mengaktifkan fitur AssistiveTouch pada iPhone tanpa harus sering-sering membuka aplikasi Pengaturan? menurut kalian sendiri cara yang mana yang paling efektif dan cepat untuk mengaktifkan AssistiveTouch?

Kalau Admin sendiri lebih senang menggunakan pintasan aksesibilitas melalui Control Center.

Baik, itu saja informasi cara mengatur AssistiveTouch tanpa harus masuk ke aplikasi pengaturan iPhone. Apabila ada yang ingin disampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih!