Cara Menonaktifkan Siri saat Tekan & Tahan Tombol Samping iPhone

Khusus untuk pengguna iPhone tanpa tombol Home, menekan dan menahan Tombol Samping (Power / Lock) secara otomatis akan menampilkan atau mengaktifkan virtual assistant "Siri".


Apabila pengguna tidak ingin jika menekan dan menahan Tombol Samping iPhone digunakan untuk mengaktifkan Siri, pengguna juga dapat menonaktifkannya atau bahkan mengubah ke pilihan lainnya yakni untuk mengaktifkan Kontrol Suara Klasik (Voice Control).

Kalau begitu langsung saja berikut cara menonaktifkan fungsi Siri saat menekan dan menahan tombol samping iPhone

Cara Menonaktifkan Siri saat Tekan & Tahan Tombol Samping iPhone

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Selanjutnya masuk ke menu Aksesibilitas > Tombol Samping


3. Kemudian silakan ubah pengaturan tekan dan tahan untuk berbicara ke Mati, contohnya lihat pada gambar di bawah berikut


Terakhir, coba tekan dan tahan kembali tombol Samping (Power/Lock) iPhone dan lihat hasilnya.

Cara Menampilkan menu untuk Mematikan iPhone

Tidak jarang juga pengguna iPhone terutama yang baru pertama kali menggunakan iPhone tanpa tombol Home, mengira bahwa menekan dan menahan tombol Samping akan menampilkan menu untuk mematikan iPhone. Nyatanya proses untuk mematikan iPhone tanpa tombol Home sendiri berbeda dengan iPhone yang memiliki tombol Home

Jika di iPhone yang memiliki tombol Home pengguna tinggal menekan dan menahan saja tombol Samping iPhone, maka di iPhone tanpa tombol Home prosesnya sedikit berbeda dan melibatkan dua buah tombol.

Bagaiamana caranya?

  • Tekan dan Tahan tombol Samping (Power/Lock) bersamaan dengan salah satu tombol Volume, entah itu Volume Atas atau Bawah hingga muncul menu untuk mematikan iPhone.


Force Restart atau Restart Paksa

Selain itu untuk melakukan Force Restart atau Restart Paksa pada iPhone tanpa tombol Home juga berbeda.

Sebagai informasi tambahan, Force Restart atau Restart Paksa berguna untuk merestart sistem pada iPhone secara paksa apabila dalam kondisi tertentu iPhone menjadi tidak responsif bahkan tidak mau merespon apapun

Berikut cara Force Restart di iPhone tanpa tombol Home (cara ini bekerja untuk iPhone X hingga iPhone 12 Pro Max dan tidak menutup kemungkinan untuk iPhone terbaru lainnya yang hadir tanpa tombol Home)

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Baik, itu saja informasi cara menonaktifkan Siri saat menekan dan menahan tombol Samping (Power/Lock) iPhone. Apabila ada yang ingin disampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih.