Status Jailbreak iOS / iPadOS 14.4.2 untuk iPhone dan iPad

Apple baru saja merilis iOS 14.4.2 dan iPadOS 14.4.2 dengan kembali membawa perbaikan yang berkaitan dengan masalah keamanan WebKit.


Disamping itu, tidak sedikit juga pengguna iPhone yang mungkin bertanya-tanya akan ketersediaan akses jailbreak untuk iOS 14.4.2 maupun iPadOS 14.4.2, karena seperti yang umumnya terjadi bahwa jailbreak tidak mudah untuk didapatkan ketika iOS versi terbaru dirilis, sebab Apple selalu memperkuat keamanan pada iOS seiring dengan waktu.

Lalu bagaimana status jailbreak iOS 14.4.2 saat ini?

Status Jailbreak iOS / iPadOS 14.4.2

Saat postingan ini ditulis, beberapa pengguna Twitter mengkonfirmasi bahwa iOS 14.4.2 telah berhasil dijailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n.


Namun perlu diperhatikan bahwa aplikasi Checkra1n yang bersifat Semi-Tethered ini hanya mendukung jailbreak untuk beberapa perangkat saja, yakni mulai dari iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE (Gen 1), iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, hingga iPhone X.

Selain itu jailbreak iOS 14.4.2 / iPadOS 14.4.2 juga belum secara resmi dikonfirmasi oleh developer dari aplikasi Checkra1n, sehingga bug atau masalah yang tidak terduga mungkin saja dapat terjadi.

Bagi yang berminat untuk melakukan jailbreak menggunakan aplikasi Checkra1n (do with your own risk), selengkapnya bisa dibaca pada postingan berikut: Cara Jailbreak Semua iOS (iPhone 5S - X) Menggunakan Checkra1n

Mengapa aplikasi Checkra1n bisa dengan cepat jailbreak iOS versi terbaru?

Bagi sebagian orang hal ini cukup terlihat aneh, namun perlu diketahui bahwa aplikasi jailbreak Checkra1n menggunakan eksploit berbasis hardware yang ditemukan pada beberapa model perangkat, yakni iPhone X atau beberapa model yang lebih lama lainnya.

Karena berbasis hardware maka eksploit tersebut tidak dapat dipatch / perbaiki oleh Apple melalui update iOS, sehingga perangkat yang terdampak memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk segera mendapatkan akses jailbreak dengan mudah kapan pun pada iOS versi berpapun.

Bagaimana untuk iPhone Xr atau lebih baru?

Saat postingan ini ditulis, iPhone Xr atau lebih baru belum memiliki akses jailbreak di iOS 14.4.2 bahkan di iOS versi sebelumnya yakni iOS 14.4.1 maupun iOS 14.4.

Namun bagi pengguna iPhone 6S hingga iPhone 12 Pro Max yang masih menggunakan iOS 14.0 hingga iOS 14.3, kalian dapat melakukan jailbreak menggunakan aplikasi Unc0ver yang bersifat Semi-Untethered. Selengkapnya: Cara Jailbreak iOS 14 - iOS 14.3 untuk iPhone 6S - iPhone 12