Cara Meng-Crop Foto dan Video di iPhone dan iPad

Ingin meng-crop atau memotong ukuran foto atau video di iPhone maupun iPad? jika ya, maka kalian dapat melakukannya dengan mudah langsung melalui aplikasi Foto bawaan iPhone itu sendiri.


Bagaimana caranya? tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja ikuti langkah-langkah di bawah berikut.

Cara Meng-Crop Foto di iPhone dan iPad

1. Pilih foto atau video yang akan dicrop, kemudian pilih menu Edit


2. Selanjutnya tap pada menu / ikon Bingkai seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut, lalu silakan geser salah satu dari 4 sudut pada gambar untuk memotong ukuran foto


Jika ingin mengatur kembali foto atau video yang dicrop ke bentuk semula, tap menu ATUR ULANG

3. Jika sudah, langsung saja tap Selesai.


Bagaimana gampang kan?

Selain itu apabila kalian berubah pikiran dan ingin mengembalikan foto atau video yang sudah dicrop tersebut ke bentuk aslinya, kalian dapat melakukannya dengan sangat mudah. Namun perlu diketahui cara ini hanya berlaku bagi video yang diedit langsung melalui iPhone tersebut.

Sebagai catatan, foto yang sudah diedit dapat dikembalikan ke bentuk semulanya, namun tidak berlaku untuk hal sebaliknya, jadi pastikan terlebih dahulu sebelum melanjutkan.

Berikut caranya:

1. Silakan masuk ke menu Edit pada Foto atau Video yang ingin dikembalikan ke bentuk semulanya

2. Kemudian tap icon panah seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut


3. Terakhir silakan pilih menu Kembalikan ke Aslinya


Seketika foto atau video akan kembali ke bentuk semulanya, namun ingat cara ini hanya berlaku bagi foto atau video yang diedit langsung melalui iPhone itu saja ya, dan kalian tidak bisa mengembalikan hasil edit pada foto yang sudah dikembalikan ke bentuk aslinya.

Baik, itu saja cara-cara meng-crop atau memotong foto maupun video di iOS / iPadOS, iPhone, iPad, dan iPod touch. Apabila ada yang ingin disampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)