Cara Mengatur Layar iPhone Agar Tidak Berputar

Tampilan aplikasi pada iPhone umumnya akan berputar mengikuti posisi dari iPhone tersebut yakni antara portrait (vertikal / berdiri) atau landscape (horizontal / tidur).


Untuk beberapa model iPhone seperti iPhone 6 Plus, iPhone 6S Plus, iPhone 7 Plus, atau iPhone 8 Plus bahkan dapat memutar tampilan pada Home screen secara horizontal layaknya iPad.

Nah, bagi kalian yang baru menggunakan iPhone dan ingin agar layar aplikasi iPhone tidak berputar-putar meskipun iPhone sedang digerakan ke beragam posisi, kalian dapat melakukannya dengan mudah, dalam arti mengunci layar iPhone agar terus dalam posisi portrait, vertikal, atau berdiri.

Kalau begitu langsung saja simak cara-caranya berikut ini.

Cara Mengatur Layar iPhone Agar Tidak Berputar

Cara paling mudah dan sederhana, yakni melalui Pusat Kontrol atau Control Center iPhone yang mudah diaksses dimana saja dan kapan saja.

1. Buka Pusat Kontrol iPhone

Untuk iPhone dengan tombol Home, silakan usap layar bagian paling bawah ke arah atas, sedangkan untuk iPhone tanpa tombol Home, silakan usap ke arah bawah dari ujung kanan atas layar (sebelah notch).


2. Selanjutnya tap pada ikon gembok dengan tanda panah seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut


3. Jika sudah maka tampilan layar pada iPhone akan terkunci pada mode Portrait / Berdiri

Namun perlu diketahui juga bahwa tidak semua aplikasi dapat dioperasikan dalam mode Portrait / Berdiri, misalnya aplikasi Garage Band atau hampir kebanyakan Game.

Bagaimana gampang kan? melalui pusat kontrol iPhone tersebut kalian juga dapat mengatur beragam hal tanpa harus masuk ke aplikasi Pengaturan, misalnya mengatur kecerahan layar, volume, konektivitas, dan beragam pintasan lainnya.

Bagi yang ingin mengatur pintasan pada Pusat Kontrol silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Pusat Kontrol.

Selain itu kalian juga dapat menemukan beberapa pengaturan seputar layar atau tampilan iPhone melalui aplikasi Pengaturan > Tampilan & Kecerahan.