Cara Menggunakan Speak Selection / Ucapkan Seleksi di iPhone dan iPad

Ingin agar iPhone atau iPad membacakan teks yang kalian pilih atau tandai (highlight)? sangat mudah, kalian dapat melakukannya dengan fitur Speak Selection atau Ucapkan Seleksi.


iPhone dapat membacakan setiap teks yang kalian tandai atau highlight, sehingga bagi yang sekedar ingin mendengarkan tanpa harus membaca (misalnya catatan) atau mungkin ingin menulis hal yang ada di iPhone tanpa perlu terus menerus menoleh ke arah layar, cara ini cocok untuk kalian terapkan.

Baik, kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Menggunakan Speak Selection / Ucapkan Seleksi di iPhone dan iPad

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Aksesibilitas > Konten Lisan kemudian nyalakan menu Ucapkan Seleksi

3. Jika sudah, masuk lagi ke menu Sorot Konten lalu nyalakan menu Sorot Konten tersebut


4. Sekarang untuk menerapkannya, silakan cari teks yang mau dibacakan dan pilih / highlight teks tersebut (caranya tap dan tahan pada teks)

5. Selanjutnya tap pada menu Ucapkan


6. Seketika, iPhone akan membacakan teks yang telah dipilih tersebut

Membacakan Seluruh Teks pada Layar Tanpa Perlu Highlight

Dalam beberapa kasus tertentu, memang teks pada layar tidak semuanya dapat dipilih atau dihighlight, namun jangan khawatir iPhone dapat membacakan seluruh teks yang ada pada layar tanpa perlu memilihnya terlebih dahulu. Berikut caranya.

1. Silakan nyalakan menu Ucapkan Layar pada Pengaturan Konten lisan


2. Kemudian cari teks pada layar yang akan dibacakan

3. Lalu usap layar bagian paling atas iPhone ke arah paling bawah menggunakan dua jari

4. Jika sudah, maka iPhone akan membacakan teks yang ada pada layar serta menampilkan menu untuk mengatur ucapan


Bagaimana mudah bukan? fitur ini sekali lagi, cocok digunakan bagi yang suka mencatat hal-hal dari internet misalnya seperti untuk mengerjakan tugas sekolah, atau ingin mendengarkan berita dari halaman web sambil mengerjakan hal yang lain.

Selain itu, cara lebih praktis lainnya kalian dapat meminta Virtual Assistant Siri untuk membacakan teks pada layar, misalnya "Hey Siri, Speak Screen" maka fitur Ucapkan Layar akan berjalan untuk membacakan teks yang ada pada layar, namun sebelumnya jangan lupa aktifkan terlebih dahulu menu Ucapkan Layar pada aplikasi pengaturan.