Cara Mengatasi Layar iPhone Tidak Bisa Berputar Otomatis

Layar iPhone tiba-tiba tidak bisa berputar otomatis atau rotasi layar tidak berfungsi? meskipun iPhone sudah dimiringkan ke beragam posisi namun layar tetap tidak juga berputar?


Tidak perlu khawatir, masalah ini tidak jarang hanya disebabkan oleh Bug entah yang berasal dari iOS atau dari aplikasi yang sedang dijalankan.

Namun sebelum itu perlu diperhatikan terlebih dahulu bahwa tidak semua aplikasi dapat diposisikan ke posisi tampilan layar vertikal (berdiri) atau horizontal (tidur). Jadi, sebelum mengikuti cara-cara di bawah, pastikan aplikasi tersebut memang sebelumnya bisa diposisikan ke posisi yang kalian anggap tidak bisa tersebut, misalnya vertikal atau horizontal.

Kalau begitu langsung saja perhatikan cara-cara mengatasi layar iPhone yang tidak bisa berputar (stuck) berikut ini.

Cek Pengaturan Kunci Orientasi Layar

Seperti yang umum diketahui bahwa iPhone sendiri memiliki fitur yang digunakan untuk mengunci tampilan pada layar agar tetap dalam mode vertikal / potrait (berdiri).

Apabila fitur tersebut aktif, maka tampilan layar aplikasi yang tadinya dapat dimiringkan ke posisi horizontal secara otomatis akan terus atau dikunci untuk ditampilkan dalam mode vertikal (berdiri).

Nah, jika tampilan aplikasi pada iPhone stuck di posisi vertikal silakan menonaktifkan menu Orientasi Layar tersebut, caranya buka Pusat Kontrol (Control Center) iPhone kemudian nonaktifkan menu Kunci Orientasi Layar apabila dalam keadaan aktif, contohnya lihat gambar di bawah berikut:


Jika sudah silakan cek kembali hasilnya.

Aktifkan / Nonaktifkan Kunci Orientasi Layar

Sama seperti di atas, apabila tampilan layar aplikasi iPhone stuck diposisi vertikal atau horizontal kalian dapat mencoba menonaktifkan atau mengaktifkan menu Kunci Orientasi Layar tersebut, tujuannya untuk memicu agar layar aplikasi dapat tampil dengan normal kembali sesuai posisi yang seharusnya.

Tutup Aplikasi Kemudian Buka Kembali

Cara selanjutnya yang juga dapat mengatasi masalah ini adalah dengan menutup aplikasi tersebut dari multitask, kemudian membukanya kembali dengan harapan bahwa posisi layar akan kembali normal.

Restart iPhone

Cara ini bisa dikatakan sangat ampuh dalam memperbaiki beragam bug pada sistem, untuk merestart iPhone secara cepat kalian dapat menggunakan metode Restart Paksa (Force Restart) berikut ini:

Khusus iPhone 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, SE 2020, 12, 12 Mini, 12 Pro atau lebih baru

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Khusus iPhone 7 dan 7 Plus

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Volume Bawah.
  2. Kemudain Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Khusus iPhone 6S, 6S Plus, SE 2016, 6, 6 Plus, 5S, atau lebih lama

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Home.
  2. Kemudian Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Update ke iOS versi Terbaru

Mengupdate ke iOS versi terbaru dapat membantu memperbaiki atau mengoptimalkan kinerja iPhone, maka dari itu pertimbangkan juga untuk mencoba mengupdate versi iOS pada iPhone kalian ke versi terbaru yang tersedia saat ini.

Sebelum melanjutnya siapkan terlebih dahulu koneksi WiFi, jika sudah silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, apabila tersedia silakan download dan install update iOS versi terbaru yang tersedia.


Solusi Terakhir...

Memang cukup aneh jika cara-cara di atas tidak ada yang membuahkan hasil, jika memang begitu adanya, pertimbangkan untuk mereset pengaturan iPhone kembali ke pengaturan default tanpa perlu menghapus data-data seperti foto, musik, kontak, dll.

Caranya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Atur Ulang kemudian pilih menu Atur Ulang Pengaturan.

Baik, itu saja informasi cara mengatasi layar iPhone yang tidak bisa berputar (stuck), apabila ada yang ingin disampaikan langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.