Hal-hal yang Perlu Diketahui Seputar Apple AirTag

Pada bulan April 2021 Apple memperkenalkan aksesoris AirTag yang berfungsi untuk melacak keberadaan beragam barang-barang yang diinginkan melalui aplikasi Lacak / Find My yang ada di iPhone, iPad, maupun iPod touch.


Bagi yang tertarik dan mungkin masih belum mengetahui secara pasti apa itu AirTag, bagaimana cara kerjanya, dan apa saja fungsi-fungsi yang ditawarkan, berikut adalah ulasan soal hal-hal penting yang perlu kalian ketahui seputar Apple AirTag.

Kompatibilitas Apple AirTag

Apple AirTag dapat digunakan diseluruh iPhone yang menggunakan iOS 14.5 atau lebih baru. Berikut daftarnya:

  • iPhone 12 Pro Max (support Chip U1)
  • iPhone 12 Pro (support Chip U1)
  • iPhone 12 (support Chip U1)
  • iPhone 12 Mini (support Chip U1)
  • iPhone SE 2020
  • iPhone 11 Pro Max (support Chip U1)
  • iPhone 11 Pro (support Chip U1)
  • iPhone 11 (support Chip U1)
  • iPhone XS Max
  • iPhone XS
  • iPhone XR
  • iPhone X
  • iPhone 8 Plus
  • iPhone 8
  • iPhone 7 Plus
  • iPhone 7
  • iPhone SE 2016
  • iPhone 6S Plus
  • iPhone 6S

Beberapa model iPhone dengan Chip U1 dapat menggunakan fitur Precision Finding atau Pencarian Presisi. Fitur ini digunakan untuk mencari dan melacak posisi AirTag yang berada dalam jangkauan pengguna secara langsung dan akurat.

Fungsi Apple AirTag

Apple AirTag merupakan aksesoris berbentuk bulat kecil seperti sebuah Chip yang digunakan untuk melacak keberadaan beragam barang melalui aplikasi Lacak / Find My pada iPhone, iPad, maupun iPod touch.

Kalian cukup menghubungkan Apple AirTag ke dalam iPhone, menamainya, kemudian menaruh, menggantung, atau menempelkan AirTag tersebut ke barang yang ingin dilacak. Apabila barang tersebut hilang, kalian cukup melacak keberadaan AirTag yang secara otomatis juga akan menentukan posisi barang yang hilang.

Cara Kerja Apple AirTag

iPhone dan AirTag menggunakan koneksi Bluetooth untuk menentukan posisi, meskipun area jangkauan Bluetooth sangat terbatas (sekitar 10 meter), namun dalam jangkauan yang lebih luas dengan fitur Apple "Find My network" AirTag akan mengirimkan sinyal Bluetooth aman (seluruh prosesnya dienkripsi dan anonim) yang dapat ditangkap oleh perangkat lainnya yang juga berada dalam jaringan Find My network.

Sehingga apabila AirTag berada di luar jangkauan iPhone kalian, pengguna lainnya yang terhubung ke jaringan Find My network Apple dapat membantu menentukan posisi AirTag tersebut secara otomatis ketika mereka sedang berada didekat AirTag yang sedang kalian cari, dan posisi AirTag yang ditemukan tersebut akan dikirimkan ke iCloud kalian.

Sekali lagi seluruh proses ini dienkripsi dan anonim, sehingga tidak ada seorangpun yang dapat mengetahui posisi kalian maupun posisi AirTag yang sedang dicari keuali kalian sendiri, bahkan Apple sekalipun tidak dapat mengetahuinya.

Cara Melacak Keberadaan AirTag

Melacak keberadaan Apple AirTag dapat dilakukan melalui aplikasi Lacak / Find My yang ada di iPhone, iPad, dan iPod touch, dengan begitu kalian dapat melihat lokasi AirTag pada map.

Apple AirTag juga sudah dilengkapi dengan speaker sehingga kalian dapat memainkan suara pada AirTag untuk menemukannya dengan mudah.

Apabila AirTag masih dalam jangkauan pengguna, beberapa iPhone seperti iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max atau lebih baru dapat menggunakan fitur Precision Finding atau Pencarian Presisi untuk menentukan posisi AirTag secara langsung dan akurat.

Apakah Apple AirTag dapat Digunakan Untuk Melacak / Memata-matai Keberadaan Seseorang?

Tidak dipungkiri selain melacak barang salah satu hal yang mungkin terlintas dipikiran kita adalah AirTag dapat digunakan untuk mematai-matai dan melacak seseorang, yakni dengan cerdik meletakkan AirTag tersebut ke orang yang akan dilacak.

Pada kenyataannya secara sederhana hal ini tidak dapat dilakukan sebab apabila ada AirTag yang tidak diketahui mengikuti atau berada di dekat kalian, maka iPhone kalian akan mendeteksi dan memperingatkan bahwa ada AirTag yang sedang berada di dekat kalian.

Jika kalian tidak menggunakan iPhone, maka AirTag juga secara otomatis akan memainkan suara setelah beberapa saat sehingga kalian dapat menemukan AirTag tersebut.

Namun perlu diperhatikan juga bahwa hal ini hanya berlaku apabila AirTag berada di luar jangkauan si pemilik aslinya.

Apakah Apple AirTag Menggunakan Baterai?

Ya, Apple AirTag menggunakan baterai CR2032 yang cukup umum dan dapat dengan mudah diganti langsung oleh penggunanya.

Apakah Apple AirTag Tahan Air?

Ya, Apple AirTag memiliki rating IP67 yang tahan terhadap debu maupun air sedalam 1 meter hingga 30 menit.

Bagaimana Cara Menyalakan atau Mematikan Apple AirTag?

Secara umum tidak ada tombol atau menu yang dapat digunakan untuk menyalakan ataupun mematikan Apple AirTag.

Namun khusus untuk mematikan Apple AirTag, kalian dapat melakukannya dengan sangat mudah dengan mencabut baterai yang ada pada AirTag.

Jika Seseorang Menemukan Apple AirTag, Apakah Orang Tersebut Dapat Melihat Lokasi Pemilik AirTag?

Tidak, sekali lagi seluruh koneksi yang digunakan oleh Apple AirTag bersifat anonim dan terenkripsi untuk melindungi privasi penggunanya, bahkan Apple sendiri pun tidak dapat melihat lokasi pada AirTag maupun mengindentifikasi perangkat yang terhubung. Selain itu riwayat data lokasi kalian juga tidak disimpan secara langsung pada AirTag itu sendiri.

Jadi, hanya pemiliknya lah yang memiliki akses penuh terhadap riwayat lokasi dan informasi AirTag. Selain itu orang lain yang berada di jaringan Find My network yang juga membantu mencari keberadaan AirTag kalian, juga tidak dapat mengetahui posisi AirTag maupun posisi kalian sebagai pemiliknya.

Berapa Jumlah AirTag yang Dapat Terhubung dalam Satu Akun Apple?

Satu akun Apple dapat menampung hingga 16 buah Apple AirTag.

Apakah Apple AirTag dapat Digunakan di Android?

Tidak, meskipun begitu perangkat Android tetap dapat membaca keberadaan AirTag dalam status hilang.

Berapa Harga Apple AirTag?

Apple AirTag dijual dengan harga $29 per-satuan (diperkirakan sekitar Rp650.000,00 atau lebih) atau $99 untuk 4 pack sekaligus (diperkirakan sekitar Rp2.000.000,00 atau lebih).

Siapa yang Membutuhkan Apple AirTag?

Sesuai fungsi dan ukurannya yang kecil Apple AirTag cocok bagi kalian yang ingin berjaga-jaga untuk barang yang seringkali tertinggal atau ditinggalkan seperti misalnya tas, kunci, dompet, sepeda, sepeda motor, dan lain sebagainya.

Jika berada di dekat dengan AirTag beberapa iPhone yang sudah dilengkapi dengan Chip U1 (baca kembali kompatibiltas di atas), dapat menggunakan fitur Precision Finding atau Pencarian Presisi untuk menemukan AirTag dalam jangkauan yang sangat dekat secara langsung dan akurat, misalnya ketika sedang mencari barang hilang yang berada di dalam rumah.

Sedangkan untuk fitur pelacakan jarak jauh sendiri sepertinya Apple AirTag tidak akan bekerja secara optimal di beberapa tempat, tepatnya ditempat yang sepi pengguna iPhone.

Sebab Apple AirTag membutuhkan perangkat (yakni iPhone, iPad, dan iPod touch) dari pengguna lainnya yang terhubung ke fitur Find My network serta jaringan Bluetooth, untuk dapat membantu melacak keberadaan AirTag yang hilang atau berada ditempat yang jauh maupun yang tidak diketahui secara pasti.

Untuk area yang sangat ramai seperti mall, tempat wisata, apartemen, hotel, atau kota-kota pada penduduk dengan pengguna iPhone yang signifikan, mungkin AirTag dapat menjadi salah satu pilihan yang cukup tepat mengingat terdapat kemungkinan bahwa banyak pengguna iPhone lainnya yang berada dalam jaringan Find My network, sehingga secara otomatis dapat membantu dalam melacak keberadaan AirTag kalian dari jarak jauh.