Cara Menghilangkan Kamera di Lock Screen iPhone

Pada Lock Screen (layar kunci) iPhone terdapat ikon yang digunakan sebagai pintasan untuk mengakses Kamera serta Senter, bahkan kedua fitur tersebut dapat digunakan tanpa harus membuka kunci iPhone terlebih dahulu.


Meskipun begitu sebenarnya pengguna tidak perlu terlalu khawatir sebab foto maupun video yang sudah ada atau terdapat pada galeri Foto iPhone, secara otomatis tidak akan muncul atau dapat dilihat / akses ketika pengguna mengakses kamera tanpa memasukkan password atau membuka kunci iPhone terlebih dahulu. Namun, foto atau video yang diambil tetap akan tersimpan pada galeri Foto iPhone.

Nah, untuk beragam alasan bagi yang menginginkan agar pintasan Kamera tersebut dihilangkan dari Lock Screen iPhone, kalian dapat melakukannya dengan menonaktifkan sementara izin penggunaan Kamera iPhone, yang artinya aplikasi Kamera pada iPhone (meskipun nantinya iPhone sudah dibuka) akan disembunyikan dan akses Kamera pada aplikasi lainnya juga akan dinonaktifkan, hingga aksesnya diizinkan kembali.

Bagi yang penasaran, langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Menghilangkan Kamera di Lock Screen iPhone

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone kemudian masuk ke menu Durasi Layar (Screen Time)

Apabila sebelumnya fitur Durasi Layar belum diatur silakan atur terlebih dahulu dan direkomendasikan untuk menggunakan password juga.
2. Jika sudah, silakan masuk ke menu Pembatasan Konten & Privasi


3. Kemudian nyalakan menu Pembatasan Konten & Privasi dan masuk lagi ke menu App yang Diizinkan


4. Terakhir silakan nonaktifkan izin untuk aplikasi Kamera


Setelah izin untuk aplikasi Kamera iPhone dinonaktifkan, maka aplikasi Kamera pada iPhone akan disembunyikan dan pintasan Kamera yang ada di lock screen tidak akan dapat diakses. Selain itu akses kamera untuk semua aplikasi juga akan dinonaktifkan.


Untuk menampilkan atau mengaktifkan kembali aplikasi Kamera, kalian cukup masuk ke menu App yang Diizinkan seperti yang ditunjukkan oleh cara-cara di atas.

Bagaimana menurut kalian? agak sedikit merepotkan memang karena secara keseluruhan akses ke Kamera iPhone akan dinonaktifkan. Namun apabila menurut kalian penting, cara-cara ini dapat digunakan sebagai solusi jitu sampai menunggu dan berharap Apple memberikan pengaturan yang dapat menonaktifkan pintasan Kamera pada Lock Screen iPhone pada update iOS selanjutnya.