Cara Stop Screen Recording iPhone dengan Cepat Tanpa Control Center

Bagi yang seringkali menggunakan fitur perekaman layar atau screen recording pada iPhone, iPad, maupun iPod touch, tidak jarang menghentikan screen recording tersebut dengan cara yang sama ketika mengaktifkannya, yakni dengan menekan kembali ikon Screen Recording yang terdapat pada Control Center.


Dengan menggunakan cara-cara tersebut tentu saja tampilan Control Center akan ikut masuk dalam bagian akhir video, meskipun dapat dengan mudah disingkirkan (cut / trim) secara manual.

Nah, bagi yang belum tahu, fitur Screen Recording pada iPhone, iPad, maupun iPod touch dapat dihentikan secara cepat tanpa harus membuka control center. Bagaimana caranya?

Cara Cepat Stop Screen Recording iPhone

Cara 1. Langsung Lock / Kunci Layar iPhone

Ya, cukup sederhana yang perlu kalian lakukan untuk menghentikan Screen Recording di manapun, kapanpun, dan dalam aplikasi atau game apapun yakni dengan cara langsung mengunci layar iPhone, tepatnya menekan tombol Lock / Samping hingga layar iPhone terkunci.


Tenang saja, setelah layar iPhone terkunci Screen Recording secara otomatis akan terhenti dan video akan tersimpan di galeri Foto tanpa menampilkan control center iPhone.

Cara 2. Tap ikon pada Status Bar

Untuk pengguna iPhone Full Screen dengan Notch silakan tap ikon jam berwarna merah yang terdapat pada status bar atau diujung kiri atas layar, jika sudah silakan pilih menu Hentikan / Stop.


Sedangkan untuk pengguna iPhone dengan tombol Home silakan tap pada Status Bar yang telah berubah merah, jika sudah tap lagi menu Hentikan / Stop.


Oh ya untuk cara ini apakah pesan menu yang tampil untuk menghentikan perekaman layar akan ikuti terekam? jawabannya Tidak.

Namun ingat untuk cara kedua ini mungkin tidak sepenuhnya dapat diterapkan terutama apabila screen recording ditujukan untuk game. Sebab dibutuhkan akses ke status bar untuk menghentikan screen recording dengan cara kedua ini.