Fungsi Fitur Gerakan / Motion di iPhone dan iPad

Pernahkah kalian menemukan fitur atau menu Gerakan / Motion pada aplikasi Pengaturan iPhone?


Di dalam menu tersebut terdapat juga menu lainnya seperti Kurangi Gerakan (Reduce Motion), Putar Otomatis Efek Pesan (Auto-Play Message Effects), dan Putar Auto Pratinjau Video (Auto-Play Video Previews).

Lalu apa sih fungsi dari menu-menu tersebut? 

Menu Gerakan atau Motion ini digunakan untuk mengurangi efek paralaks ikon dan animasi pada iPhone, sebagai contoh efek animasi saat membuka aplikasi, berpindah aplikasi, efek transisi menu, dan lain sebagainya.

Fitur yang ada pada menu Kurangi Gerakan ini cocok bagi pengguna yang memiliki kepekaan atas efek gerakan atau pergerakan pada layar. 

Kalian dapat mencobanya sendiri dengan mengaktifkan menu Kurangi Gerakan dan silakan cek sendiri efek animasi saat keluar, pindah, maupun membuka aplikasi.

Apabila menu Kurangi Gerakan telah diaktifkan, kalian juga akan menemukan menu Pilih Transisi Pudar Silang (Prefer Cross-Fade Transitions) yang digunakan untuk mengubah efek transisi saat berpindah menu dalam aplikasi.

Selain itu kalian juga dapat menonaktifkan video yang sering terputar sendiri (misalnya seperti preview video yang ada di App Store) dengan menonaktifkan menu Putar Auto Pratinjau Video (Auto-Play Video Previews). Bagi yang ingin menonaktifkan pemutaran efek pesan layar penuh pada aplikasi pesan (seperti iMessage), silakan nonaktifkan menu Putar Otomatis Efek Pesan (Auto-Play Message Effects).

Sebagai informasi tambahan, dulu fitur ini juga seringkali diaktifkan untuk meringkan kinerja iPhone dan membuat baterai iPhone menjadi sedikit lebih tahan lama.

Ya, dengan mengurangi efek animasi juga akan berimbas pada performa dan baterai iPhone yang dapat menjadi lebih baik, namun sepertinya hal tersebut untuk saat ini sudah tidak terlalu berpengaruh banyak bahkan tidak ada perbedaannya jika diterapkan pada iPhone, iPad, maupun iPod touch keluaran terbaru.