Arti dan Maksud dari Mulai Ulang di iPhone dan iPad

Postingan kali ini akan menjawab beberapa pertanyaan yang seringkali ditanyakan oleh beberapa pengguna iPhone (termasuk iPad) soal, arti dan maksud dari "Mulai Ulang" yang tepatnya ditemukan pada salah satu menu dalam AssistiveTouch atau ketika akan menginstall update iOS.


Nah, mungkin beberapa dari kalian khawatir kalau menu Mulai Ulang tersebut merupakan menu yang digunakan untuk mengatur ulang iPhone ke pengaturan pabrik, padahal menu tersebut fungsinya sangat sederhana. Apa itu?

Arti dan Maksud dari "Mulai Ulang" di iPhone dan iPad

Menu "Mulai Ulang" tepatnya yang seringkali ditemukan di dalam AssistiveTouch, merupakan menu yang digunakan untuk me-Restart iPhone atau memulai ulang sistem iPhone, sederhananya seperti mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali.

Tidak ada data yang dihapus maupun pengaturan yang direset dengan menggunakan menu Mulai Ulang tersebut, hanya sesederhana seperti mematikan iPhone namun secara otomatis akan dinyalakan kembali tanpa perlu menekan tombol apapun.

Selain itu menu Mulai Ulang tersebut juga akan kalian temukan ketika akan menginstall update langsung melalui aplikasi Pengaturan iPhone, tujuannya tentu saja untuk menginstall update, sebab iPhone akan restart ketika menginstall update iOS.

Fungsi Mulai Ulang / Restart (di luar update iOS atau keperluan sistem lainnya) yakni untuk menyegarkan kembali sistem, seperti contoh untuk memperbaiki iPhone yang tiba-tiba menjadi tidak responsif atau nge-lag.

Cara Memulai Ulang iPhone Secara Paksa

Selain menggunakan AssistiveTouch, kalian juga dapat memulai ulang iPhone secara paksa dengan menggunakan beberapa kombinasi tombol.

Cara ini sangat penting diketahui untuk mengantisipasi apabila iPhone tiba-tiba tidak bisa merespon apapun, tidak bisa dimatikan, bahkan tidak bisa dinyalakan (untuk memperbaiki iPhone yang tiba-tiba tidak mau menyala). Bagaimana caranya?

Untuk iPhone tanpa tombol Home atau dengan Layar Penuh seperti iPhone X, XR, XS, 11, 12, 12 Pro, dll.

lakukan dengan cepat!
  1. Tekan tombol Volume Atas (langsung lepas, jangan ditahan)
  2. Tekan tombol Volume Bawah (langsung lepas, jangan ditahan)
  3. Tekan dan Tahan tombol Power / Lock hingga iPhone Restart (setelah restart silakan lepas)

Untuk iPhone dengan tombol Home seperti iPhone 6, 6S, 7, 8, SE, dll.

Sangat sederhana!
  1. Tekan dan Tahan tombol Volume Bawah dan Power / Lock secara bersamaan hingga iPhone Restart (setelah restart silakan lepas)

Baik itu saja informasi soal arti dan maksud dari "Mulai Ulang" pada iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.