Cara Lengkap Menyalakan Personal Hotspot di iPhone dan iPad

Beberapa pengguna iPhone terutama bagi yang masih baru, tidak jarang kebingungan untuk menyalakan menu Personal Hotspot / Hotspot Pribadi pada iPhone, yakni menu yang digunakan untuk membagikan jaringan internet ke perangkat lainnya melalui sambungan WiFi, Kabel, dan Bluetooth.


Menu Personal Hotspot di iPhone Tidak Muncul / Ada

Perlu diketahui umumnya menu Personal Hotspot pada iPhone tidak akan muncul apabila pengguna belum mengatur pengaturan APN jaringan.

APN atau Access Point Name, merupakan konfigurasi yang akan digunakan oleh operator jaringan seluler untuk mengidentifikasi atau menentukan jaringan pada suatu perangkat. APN bisa dikatakan juga sebagai pintu gerbang (gateway) yang menghubungkan antara pengaturan internet di perangkat dengan jaringan operator seluler.

Untuk mengatur APN sangatlah mudah, setelah APN diatur maka iPhone secara otomatis akan menampilkan menu Personal Hotspot pada halaman utama dalam aplikasi Pengaturan.

Jadi sebelum kita membahas cara menyalakan Hotspot di iPhone pertama-tama pastikan kalian telah mengatur fitur Personal Hotspot.

Cara Mengatur APN untuk Mengaktifkan Personal Hotspot di iPhone

Cara ini berlaku untuk semua model iPhone maupun iPad terbaru, entah itu iPhone 6, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, 11 Pro Max, SE 2020, 12, 12 Mini, 12 Pro, 12 Pro Max, dll.

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Seluler (Cellular) lalu pilih lagi menu Jaringan Data Seluler (Cellular Data Network)


3. Selanjutnya silakan masukan nama APN dari provider jaringan yang digunakan pada kolom APN yang tersedia, khususnya pada menu Hotspot Pribadi (Personal Hotspot).

Berikut adalah daftar APN sesuai dengan Provider Penyedia Jaringan Seluler yang ada di Indonesia.

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut soal APN, kalian bisa juga menghubungi provider / operator seluler yang digunakan.

Contoh memasukan APN bisa dilihat pada gambar berikut:


4. Jika sudah, langkah yang terakhir silakan restart jaringan iPhone dengan cara mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) kemudian menonaktifkannya kembali.


Apabila menu Personal Hotspot masih belum muncul cek apakah pengaturan data seluler telah diaktifkan atau belum, kemudian coba juga tutup aplikasi Pengaturan iPhone kemudian buka kembali, jika masih belum muncul juga coba restart iPhone atau bisa menggunakan cara force restart berikut:

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Jika berhasil, menu Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi dapat kalian temukan pada menu utama aplikasi Pengaturan.


Cara Menyalakan Personal Hotspot di iPhone

Sebelum melanjutkan silakan atur passwordnya terlebih dahulu melalui menu Kata Sandi Wi-Fi (Wi-Fi Password).

Jika sudah, untuk mengaktifkan Personal Hotspot / Hotspot Pribadi silakan tap menu Izinkan Akses (Allow Others to Join)


Apabila muncul pilihan silakan pilih akses Personal Hotspot yang diinginkan, untuk membagikan melalui WiFi silakan pilih Nyalakan Wi-Fi dan Bluetooth, untuk hotspot melalui kabel silakan pilih USB Saja.

Untuk nama Personal Hotspot sendiri akan mengikuti sesuai nama iPhone (Baca Juga: Cara Mengubah Nama Personal Hotspot iPhone dan iPad).

Sebagai informasi tambahan, perangkat yang terhubung ke akun iCloud yang sama dengan perangkat yang mengaktifkan personal hotspot, dapat langsung terhubung tanpa memerlukan password. Selain itu untuk sambungan kabel pengguna tidak perlu memasukkan password apapun pada perangkat yang terhubung.

Oke itu saja tutorial lengkap cara menyalakan hotspot di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.