Arti Lambang Tanda Kunci Gembok di iPhone dan iPad

Bagi pengguna iPhone khususnya yang baru pertama kali menggunakan iPhone (termasuk iPad dan iPod touch), mungkin secara tidak sengaja pernah menemukan gambar ikon kunci gembok yang ada pada panel status bar atau pusat kontrol, contohnya seperti yang ditunjukkan oleh gambar berikut.


Tidak jarang banyak pengguna yang penasaran dengan arti dan maksud dari lambang kunci gembok tersebut, bahkan mungkin juga tidak sedikit yang mengira bahwa icon tersebut menunjukkan bahwa iPhone sedang terkunci oleh sesuatu atau ada hal-hal lainnya.

Namun tidak perlu khawatir, lambang tanda kunci gembok tersebut merupakan hal yang sangat normal. Lalu apa artinya?

Arti Lambang Tanda Kunci Gembok di iPhone dan iPad

Icon atau Tanda Kunci dan Gembok pada iPhone menunjukkan bahwa fitur penguncian Rotasi Layar sedang aktif, itu artinya tampilan layar iPhone dikunci dalam posisi berdiri (portrait) dan tidak akan berubah ke mode miring (landscape) meskipun posisi iPhone tersebut secara fisik sedang diposisikan secara miring.

Ya, seperti yang kita ketahui bahwa kebanyakan Smartphone saat ini termasuk iPhone, akan merubah tampilan layarnya mengikuti posisi iPhone tersebut. Apabila pengguna memposisikannya dalam posisi miring maka layar iPhone pun akan ikuti miring, begitu juga sebaliknya.

Namun begitu, hal ini mungkin tidak berlaku bagi aplikasi atau game tertentu yang memang didesain dalam posisi berdiri atau miring saja.

Bagaimana Cara Menghilangkan Lambang Kunci Gembok Tersebut?

Tentu dengan menonaktifkan fitur Kunci Rotasi Layar iPhone, caranya sangat mudah silakan buka Pusat Kontrol iPhone lalu tap ikon kunci gembok seperti yang tampil pada status bar iPhone.


Dengan menonaktifkan Kunci Rotasi Layar maka layar iPhone dapat berputar mengikuti posisi iPhone.