Cara Mengatur Tingkat Getaran Tombol Home iPhone (Haptic Feedback)

Beberapa model iPhone terbaru dengan tombol Home seperti iPhone 6S, iPhone 7, iPhone 8, dan iPhone SE 2020, tidak benar-benar menggunakan tombol home secara fisik yang dapat terdorong masuk ketika ditekan, melainkan menggunakan tombol dengan area sentuh sensitif yang dilengkapi dengan efek umpan balik berupa getaran (haptic feedback) ketika pengguna menekannya.


Jika dilihat sekilas memang tombol sentuh dengan feedback akan terasa lebih awet ketimbang tombol fisik yang bergerak, namun tidak sedikit juga pengguna yang merasakan bahwa getaran / umpan balik (haptic feedback) pada tombol Home di iPhone mereka kurang terasa keras ketika ditekan atau mungkin malah terlalu keras.

Nah, beruntung, pengguna dapat mengatur sendiri efek getaran umpan balik ketika menekan tombol Home tersebut, entah ingin agar terasa lebih lembut ketika disentuh, sedang-sedang saja, sampai terasa keras atau menghasilkan feedback yang kuat ketika ditekan.

Untuk mengubahnya, langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut.

Cara Mengatur Tingkat Getaran / Feedback Tombol Home iPhone

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Tombol Utama


3. Selanjutnya silakan ubah tingkat kekutatan getaran ketika tombol home di tekan

  • Pilih 1 untuk efek umpan balik yang lembut / halus
  • Pilih 2 untuk efek umpan balik sedang
  • Pilih 3 untuk efek umpan balik yang kuat


4. Kalian bisa mencobanya secara langsung dengan menekan tombol Home dan melihat perbedaan diantara ketiganya

5. Jika sudah menemukan dan menentukan pilihan tap tombol Selesai untuk menyimpan perubahan

Bagaimana mudah bukan? namun ingat ya, cara ini tidak berlaku bagi pengguna iPhone dengan tombol Home fisik seperti iPhone SE (Gen-1), iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 5S, iPhone 5, atau lebih lama.

Bagi yang belum tahu, di iPhone kalian dapat menggunakan tombol virtual yang akan melayang di layar dan selalu siap digunakan sebagai pengganti tombol Home ataupun beragam pintasan lainnya. Tombol ini disebut sebagai AssistiveTouch. Bagi yang tertarik untuk mencoba AssistiveTouch, pada menu utama aplikasi Pengaturan silakan masuk ke menu Aksesibilitas > Sentuh > AssistiveTouch, kemudian nyalakan fitur AssistiveTouch dan tap menu kotak yang tampil pada layar untuk mulai menggunakan AssistiveTouch.


Baik, sekian informasi seputar cara mengatur tingkat getaran (umpan balik / feedback) tombol Home pada iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.