Cara Agar AssistiveTouch Tidak Hilang saat Screenshot

AssistiveTouch merupakan salah satu fitur aksesibilitas di iPhone, iPad, atau iPod touch yang akan selalu tampil pada layar sebagai pintasan ke beragam fitur maupun tindakan, misalnya seperti Screenshot, Lock Screen, Mengatur Volume, dan lain sebagainya.


AssistiveTouch identik dengan iPhone, maka dari itu tidak sedikit pengguna yang bertanya-tanya mengapa saat mengambil screenshot tampilan AssisitiveTouch pada layar tidak terambil / hilang? dan bagaimana cara mengambil tampilan AssistiveTouch pada Screenshot?

Entah mengapa tampilan AssistiveTouch pada Screenshot saat ini sudah tidak terambil lagi, mungkin agar tampilan Screenshot lebih terlihat rapih tanpa adanya AssisitveTouch yang mengganggu tampilan, meski begitu tidak sedikit pengguna yang mungkin sengaja ingin mengambil tampilan AssistiveTouch dengan tujuan untuk menunjukkan eksistensi iPhone.

Namun sayangnya Apple tidak memberikan pengaturan yang dapat digunakan untuk menampilkan AssistiveTouch pada Screenshot. Meski begitu kalian tidak perlu khawatir sebab pada postingan kali ini Admin akan membagikan Trik yang dapat kalian lakukan untuk menampilkan tampilan AssistiveTouch saat mengambil Screenshot.

Penasaran? berikut trik-triknya.

Aktifkan AssistiveTouch dan Lakukan Screenshot dengan Cepat

Trik pertama ini memang agak susah-susah gampang, namun jika sudah terbiasa maka bukan hal yang sulit lagi. Kekurangan dari trik ini yakni tampilan AssistiveTouch terlihat tebal seperti baru saja digunakan / sentuh, bagi yang penasaran langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Pertama-tama atur terlebih dahulu pintasan untuk mengaktifkan AssistiveTouch dengan cepat, yakni dengan menekan tombol Lock atau tombol Home sebanyak 3 kali dengan cepat.

Berikut caranya:

  • Buka aplikasi Pengaturan > Aksesibilitas > Pintasan Aksesibilitas lalu pilih AssistiveTouch


Jika sudah maka kalian dapat mengaktifkan maupun menonaktifkan AssistiveTouch dengan cara menekan tombol Lock / Home sebanyak 3 kali.

Triknya adalah:

1. Silakan nonaktifkan AssistiveTouch (tekan 3 kali tombol Lock atau tombol Home)

2. Jika AssistiveTouch sudah hilang, sekarang aktifkan kembali AssistiveTouch dengan menekan tombol Lock atau Home sebanyak 3 kali

3. Kemudian setelah menekan tombol Lock atau Home sebanyak 3 kali, secara cepat langsung tekan kombinasi tombol untuk mengambil Screenshot, yakni tombol Lock + Volume Atas atau tombol Lock + Home

4. Apabila berhasil maka Screenshot akan ditampilkan beserta dengan tampilan AssistiveTouch


Manfaatkan Screen Recording

Berbeda dengan Screenshot, merekam layar (screen recording) tetap akan menampilkan tampilan AssistiveTouch pada layar iPhone.

Triknya adalah:

1. Pertama-tama silakan rekam layar yang akan di-screenshot (jangan terlalu lama)


2. Jika sudah buka aplikasi Galeri Foto iPhone lalu putar video dalam tampilan layar penuh

3. Selanjutnya, pause / jeda video pada area screenshot akan diambil


4. Jika sudah silakan screenshot tampilan pada video tersebut

Cukup sederhana bukan? namun kekurangan dari cara ini yakni tampilan screenshot mungkin tidak sedetail screenshot langsung dan akan ada indikator perekaman layar di area status bar.

Ya, untuk saat ini kedua cara di atas tersebutlah yang dapat kalian gunakan untuk mengambil screenshot disertai dengan tampilan AssistiveTouch.

Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang punya trik lainnya? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya.