Cara Mengatasi No SIM, SIM Failure, dan Invalid SIM pada iPhone

Salah satu masalah yang tidak jarang dialami oleh sebagian pengguna iPhone adalah munculnya pesan error seperti SIM Failure (Sim Gagal), Invalid SIM (SIM Tidak Valid), atau No SIM Card Installed (Tidak ada Kartu SIM Terpasang).


Pesan-pesan tersebut muncul akibat iPhone yang tidak dapat atau gagal dalam membaca maupun mendeteksi keberadaan kartu SIM, meskipun pada kenyataannya kartu SIM telah dipasang.

Untuk penyebabnya sendiri tidak dapat dipastikan, mungkin saja bisa bersumber dari kartu SIM itu sendiri, Bug pada iOS, atau iPhone yang memang bermasalah (seperti contoh akibat terendam air).

Nah, untuk mengatasi pesan error tersebut kalian dapat mencoba beberapa cara berikut untuk memperbaikinya.

Aktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode)

Untuk mengatasi masalah di atas, pertama kalian dapat merestart jaringan dengan cara mengaktifkan mode pesawat kemudian menonaktifkannya kembali. Berikut caranya:

1. Buka aplikasi Pengaturan atau akses Pusat Kontrol (Control Center) iPhone

2. Kemudian aktifkan Mode Pesawat dan tunggu hingga beberapa detik (10 - 15 detik)


3. Jika sudah, silakan matikan kembali Mode Pesawat dan lihat hasilnya

Restart iPhone

Selanjutnya coba juga dengan me-restart iPhone atau secara sederhana mematikan iPhone kemudian menyalakannya kembali.

Berikut cara-cara mematikan iPhone:

  • iPhone dengan Tombol Home (contoh: iPhone 7, 8, SE): Tekan dan Tahan tombol Lock / Samping hingga muncul menu untuk mematikan iPhone
  • iPhone dengan Face ID (contoh: iPhone X, XS, 11, 12): Tekan dan Tahan tombol Lock / Samping bersamaan dengan tombol Volume Bawah atau Volume Atas (pilih salah satu), hingga muncul menu untuk mematikan iPhone

Jika iPhone sudah dalam keadaan mati, tunggu hingga beberapa detik (10 - 15 detik) kemudian nyalakan kembali dengan cara tekan dan tahan tombol Lock / Samping.

Metode Restart Paksa (Force Restart):

Khusus iPhone 8, 8 Plus, X, XR, XS, XS Max, 11, 11 Pro, SE 2020, 12, 12 Mini, 12 Pro atau lebih baru

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Khusus iPhone 7 dan 7 Plus

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Volume Bawah.
  2. Kemudain Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Khusus iPhone 6S, 6S Plus, SE 2016, 6, 6 Plus, 5S, atau lebih lama

  1. Posisikan jari kalian di tombol Power / Lock dan tombol Home.
  2. Kemudian Tekan dan Tahan terus kedua tombol tersebut hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Cabut Kartu SIM dan Pasang Kembali

Selanjutnya coba cabut kembali kartu SIM, lalu bersihkan pin pada kartu SIM dengan kain halus dan kering, kemudian cek kembali posisi pemasangan dan yang terakhir silakan coba pasang kembali lalu lihat hasilnya.

Selain itu pastikan potongan kartu SIM pas tidak longgar saat diletakan ke dalam SIM Tray (tempat menaruh kartu SIM).

Kemudian pastikan juga SIM Tray yang digunakan merupakan asli untuk iPhone. (menggunakan SIM Tray dengan brand atau merk berbeda, kemungkinan dapat menyebabkan SIM Card tidak terpasang dengan benar).

Reset Pengaturan Jaringan iPhone

Reset atau Mengatur Ulang Pengaturan Jaringan iPhone merupakan salah satu cara untuk mengatur kembali pengaturan jaringan iPhone ke pengaturan awal, dengan harapan bahwa kartu SIM dapat terbaca kembali.

Untuk me-reset pengaturan jaringan iPhone langsung saja ikuti cara-cara berikut ini:

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Umum > Atur Ulang

3. Jika sudah pilih menu Atur Ulang Jaringan


Update ke iOS Versi Terbaru

Selain itu pastikan juga bahwa iPhone kalian telah menggunakan iOS versi terbaru yang tersedia saat ini.

Untuk mengupdate ke iOS versi terbaru siapkan koneksi WiFi kemudian masuk ke aplikasi Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak, apabila tersedia, silakan download dan install pembaruan tersebut.

Setelah update ke iOS versi terbaru, coba cek kembali hasilnya.

Coba Gunakan Kartu SIM Lainnya

Apakah kartu SIM tersebut masih dalam keadaan aktif? jika ya atau mungkin tidak tahu, kalian dapat mencoba menggunakan kartu SIM lainnya.

Apabila kartu SIM lainnya didapati terdeteksi dan berfungsi dengan normal, hal tersebut menandakan adanya masalah pada kartu SIM sebelumnya. Sebagai solusi, kalian dapat menghubungi operator jaringan sesuai dengan SIM yang bermasalah tersebut untuk menanyakan informasi lebih lanjut.

Namun apabila kartu SIM baru juga tidak terdeteksi dan memiliki pesan error yang sama, coba lanjutkan cara di bawah berikut.

Update Pengaturan Jaringan

Pastikan iPhone telah terhubung ke internet melalui jaringan WiFi, kemudian buka aplikasi Pengaturan > Umum > Mengenai.

Apabila tersedia, iPhone akan menampilkan pesan untuk mengupdate pengaturan jaringan pada iPhone, namun jika tidak perhatikan cara selanjutnya berikut ini.

Masalah Muncul Setelah iPhone Kemasukan Air?

Salah satu penyebab mengapa muncul pesan SIM Failure atau Invalid SIM yakni akibat dari iPhone baru saja terendam air.

Bagi pengguna iPhone dengan fitur tahan air mungkin kemungkinan hal ini dapat menjadi penyebabnya sangatlah kecil, namun jika kalian menemukan adanya air di dalam SIM Tray iPhone, ada kemungkinan air tersebutlah yang menyebabkan iPhone tidak dapat membaca kartu SIM dengan baik.

Apakah iPhone dalam Keadaan Sudah Di-Jailbreak?

Jailbreak atau proses untuk membuka batassan-batasan pada iPhone (memodifikasi sistem), mungkin saja dapat menjadi penyebab masalah pada kartu SIM apalagi jika sebelumnya kalian baru saja menginstall tweak atau memodifikasi sistem iPhone, yang tanpa sadar mempengaruhi fungsi dari SIM Card iPhone.

Jika ya, sebagai solusinya kalian dapat mencoba me-restore iPhone kembali ke pengaturan pabrik. Berikut cara selengkapnya: Cara Lengkap Menghapus Total Jailbreak di iPhone pada iOS versi Berapapun

Solusi Terakhir

Apabila cara-cara di atas telah dicoba namun belum juga membuahkan hasil, disarankan untuk membawa iPhone tersebut ke Service Center Authorize Apple untuk dicek lebih lanjut penyebab kerusakannya.

Baik, itu saja informasi cara mengatasi No SIM, Invalid SIM, atau SIM Card Failure pada iPhone. Apabila ada yang ingin ditanyakan, sampaikan, atau mungkin ada yang ingin menambahkan? langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.