Arti dan Maksud dari Score 3uTools pada iPhone

Pernahkah kalian menemukan istilah Score atau Skor 3uTools pada iPhone? contohnya Score 3uTools 100, Skor 3uTools Hijau Semua, Score 3uTools di bawah 100 (pernah diganti baterai), dan lain sebagainya.


Ya, tidak salah lagi istilah tersebut seringkali ditemukan pada iPhone yang akan dijual entah secara Online maupun Offline.

Mungkin tidak sedikit pengguna yang tertarik ingin membeli iPhone tersebut, namun bertanya-tanya, apa sih 3uTools itu? apa artinya dan apa maksud dari Score 3uTools 100, Hijau, dll. tersebut?

Apa itu 3uTools?

3uTools merupakan aplikasi yang seringkali digunakan untuk mendeteksi apakah iPhone sudah pernah dibongkar atau belum, dalam arti apakah ada komponen pada iPhone yang sudah pernah diganti sebelumnya atau tidak.

Bukan hanya itu 3uTools juga memiliki banyak fungsi lainnya seperti Transfer File (Foto, Musik, Video, dll.), Restore iPhone, Back Up data, dan masih banyak lagi yang lainnya.

3uTools juga bisa dikatakan sebagai aplikasi alternatif pengganti iTunes (meskipun iTunes tetap dibutuhkan sebagai driver) dengan fungsi yang lebih banyak, mudah, dan praktis.

Apa arti Score 3uTools pada iPhone?

Score 3uTools (Testing Score) adalah fitur penilaian yang diberikan oleh aplikasi 3uTools untuk iPhone yang diperiksa, apabila score menunjukan angka 100 maka bisa diartikan bahwa seluruh komponen pada iPhone tersebut masih dalam kondisi asli bawaan pabrik, dalam arti tidak pernah diganti komponen / diservice sebelumnya.

Apabila hasil pendeteksian 3uTools menunjukan Score di bawah 100 misalnya 95 atau lebih rendah, hal tersebut menandakan bahwa ada komponen pada iPhone yang terdeteksi sebelumnya sudah pernah diganti, yakni iPhone sudah pernah dibongkar sebelumnya.

Aplikasi 3uTools sendiri secara otomatis akan menampilkan komponen mana saja yang terdeteksi sudah tidak lagi asli atau sudah diganti tersebut.

Untuk iPhone CPO (Certified Pre-Owned) atau Refurbished Resmi dari Apple, meskipun tidak terdeteksi ada komponen yang diganti namun 3uTools akan memberikan skor sebesar 98.

Bagaimana Cara Cek Score 3uTools untuk iPhone?

3uTools merupakan aplikasi yang dijalankan melalui komputer (saat ini hanya mendukung sistem operasi Windows).

Pengguna cukup menginstall aplikasi 3uTools (serta iTunes jika belum ada) di komputer, kemudian menghubungkan iPhone ke komputer lalu buka aplikasi 3uTools dan klik pada menu "View Verification Report".


Jika sudah tidak lama setelahnya aplikasi 3uTools akan melaporkan hasil pendeteksiannya.


Untuk informasi selengkapnya soal cara menggunakan aplikasi 3uTools serta arti dari informasi yang ditampilkan, langsung saja cek melalui postingan berikut: Cara Cek Apakah iPhone Sudah Pernah Dibongkar atau Service

Bagaimana Cara 3uTools Memberikan Penilaian?

3uTools sendiri bekerja dengan cara membandingkan nomor seri dari setiap komponen yang dideteksi dengan nomor komponen bawaan pabrik, apabila cocok dan sama, maka bisa dipastikan komponen iPhone tersebut asli, namun jika terdeteksi berbeda maka bisa dipastikan komponen tersebut sudah pernah diganti sebelumnya / bukan bawaannya lagi.

Cukup sederhana bukan? namun begitu mungkin saja terdapat ketidakakuratan informasi yang ditampilkan oleh aplikasi 3uTools, jadi tidak sepenuhnya bisa dijadikan patokan meskipun dari banyak hasil pengujian informasi score yang diberikan oleh aplikasi 3uTools sangatlah akurat.

Kesimpulan...

Score 3uTools terbaik tentu saja berada pada angka 100 atau 98 untuk iPhone CPO. Score di bawah 100 tepatnya di bawah 95 menunjukan adanya komponen yang terdeteksi sudah pernah diganti sebelumnya sehingga pengguna perlu untuk memperhatikannya lagi.

Baterai pada iPhone yang sudah diganti juga akan menurunkan score 3uTools terutama penggantian yang dilakukan tidak melalui jalur yang resmi dari Apple.

Baik, itu saja informasi soal arti dan maksud dari istilah Score / Skor 3uTools pada iPhone, iPad, maupun iPod touch. Apabila ada informasi yang masih kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah, Terima Kasih.