Cara Buat PDF di iPhone Menggunakan Aplikasi Catatan

Ingin membuat dokumen PDF di iPhone atau iPad? mudah sekali kalian dapat melakukannya tanpa perlu repot-repot download aplikasi dari App Store, yakni cukup dengan menggunakan aplikasi Catatan bawaan iPhone dan iPad.


Bagaimana keren kan, tertarik? kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk membuat PDF menggunakan aplikasi catatan bawaan iPhone dan iPad.

Cara Buat PDF di iPhone Menggunakan Aplikasi Catatan

Sebelum melanjutkan silakan buat Catatan Baru yang nantinya akan diubah ke PDF. Jika catatan sudah dibuat sekarang kita akan mengubah catatan tersebut menjadi sebuah file dokumen PDF. Berikut caranya:

1. Buka catatan yang sudah dibuat lalu tap pada icon / menu Berbagi, berikut contohnya:


2. Kemudian pilih menu Kirim Salinan lalu pilih lagi menu Markah


3. Jika sudah langsung saja tap menu Selesai kemudian pilih Simpan File Ke...


4. Selanjutnya pilih Di iPhone Saya (bisa juga iCloud Drive, terserah) kemudian tap Simpan


5. Sekarang buka aplikasi File bawaan iPhone


6. Lalu masuk ke menu Di iPhone Saya (lokasi sesuai yang dipilih pada langkah ke 4 di atas) dan lihat hasilnya


7. Catatan telah disimpan dalam bentuk file dokumen PDF, untuk cek informasi, membagikan PDF, mengubah namanya, silakan tap dan tahan pada file lalu pilih menu yang diinginkan


Bagaimana gampang kan? file PDF tersebut dapat kalian bagikan lagi melalui email, whatsapp, dan lain sebagainya.

Bagi yang ingin mengunci file PDF, kalain dapat mengikuti cara-cara yang terdapat pada postingan berikut: Cara Mengunci PDF dengan Password di iPhone dan iPad

Baik, itu saja informasi cara membuat file PDF di iPhone dan iPad menggunakan aplikasi Catatan. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Terima Kasih :)