Cara Connect Internet dari iPhone ke PC / Laptop

Ingin menyambungkan (connect) koneksi internet dari iPhone ke PC atau Laptop? mudah sekali, kalian dapat menggunakan sambungan WiFi dan USB (kabel data) untuk melakukannya.


Namun, apabila tersedia cara yang termudah adalah dengan melalui sambungan WiFi sebab untuk membagikan internet dari iPhone ke PC / Laptop melalui sambungan kabel data, pengguna diharuskan untuk menginstall aplikasi iTunes terlebih dahulu pada PC / Laptop, yang mana tidak semua pengguna sudah mempersiapkan hal tersebut sebelumnya.

Nah, untuk connect / menyambungkan internet dari iPhone ke PC / Laptop disini kita akan menggunakan fitur Hotspot Pribadi atau (Bahasa Inggris: Personal Hotspot), yakni fitur pada iPhone yang berfungsi untuk membagi internet melalui WiFi atau kabel data.

Mengatur Hotspot Pribadi (Personal Hotspot) pada iPhone

Mungkin tidak semua iPhone memiliki atau menampilkan fitur Personal Hotspot, sebab biasanya fitur ini hanya akan muncul ketika pengguna sudah memasukkan pengaturan / settingan APN pada pengaturan jaringan iPhone.

Untuk cek dan memastikan apakah Personal Hotspot telah tersedia atau diatur sebelumnya, coba buka aplikasi Pengaturan lalu cek tepat dibawah menu Seluler apakah sudah terdapat menu Hotspot Pribadi / Personal Hotspot? berikut contoh gambarnya:


Jika tidak / belum, silakan lanjutkan cara di bawah berikut untuk mengatur terlebih dahulu fitur Personal Hotspot: Cara Setting Personal Hotspot di Semua iPhone dan iPad

Cara Menghubungkan Internet iPhone ke PC / Laptop Melalui WiFi

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone kemudian masuk ke menu Hotspot Pribadi (Personal Hotspot)

2. Selanjutnya pada menu Kata Sandi Wi-Fi (Wi-Fi Password) silakan ubah ke Password yang diinginkan (Password ini nantinya akan digunakan oleh perangkat lain untuk dapat terhubung)


3. Jika sudah langsung saja aktifkan menu Izinkan Akses (Allow Others to Join)

4. Kemudian pilih menu WiFi & Bluetooth untuk memilih membagikan Internet iPhone melalui sambungan WiFi / Bluetooth (khususnya WiFi)


5. Sekarang pada PC / Laptop silakan aktifkan WiFi kemudian temukan nama iPhone kalian melalui pilihan WiFi yang tersedia dan masukkan password yang tadi telah diatur

Untuk menghentikannya, kalian cukup menonaktifkan menu Izinkan Akses pada pengaturan Hotspot Pribadi (Personal Hotspot).

Selain PC / Laptop, dengan cara ini kalian juga dapat menghubungkan perangkat lainnya selama tersedia pilihan untuk menggunakan WiFi.

Cara Menghubungkan Internet iPhone ke PC / Laptop Melalui Kabel Data (USB)

1. Silakan download dan install terlebih dahulu aplikasi iTunes ke dalam PC / Laptop kalian (jika sudah ada tidak perlu lagi)


2. Jika sudah langsung saja sambungkan iPhone ke dalam PC / Laptop, pastikan apabila muncul peringatan pada layar iPhone untuk mempercayai PC / Laptop silakan tap Percayai (Trust) agar iPhone dapat terhubung

Karena menggunakan sambungan kabel, maka PC / Laptop tidak membutuhkan password untuk dapat terhubung.

3. Selanjutnya pada iPhone silakan buka aplikasi Pengaturan > Hotspot Pribadi (Personal Hotspot)

4. Lalu aktifkan menu Izinkan Akses (Allow Others to Join) kemudian pilih menu USB Saja / USB Only


5. Sekarang secara otomatis internet yang ada pada iPhone akan dibagikan ke PC / Laptop melalui sambungan kabel

Untuk menghentikan sambungan, kalian cukup menonaktifkan menu Izinkan Akses pada pengaturan Hotspot Pribadi (Personal Hotspot) atau mencabut sambungan kabel data.

Bagaimana gampang kan?

Sebagai informasi tambahan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membagikan internet dari iPhone ke PC / Laptop maupun perangkat yang lain, yakni:

  • Penggunaan data yang mungkin sulit terkontrol
  • iPhone menjadi lebih cepat panas
  • Khusus melalui sambungan Wi-Fi, selain panas iPhone juga akan menjadi sangat boros baterai
  • Koneksi internet mungkin tidak akan stabil (lambat) karena terbagi penggunaannya

Disarankan untuk tidak terlalu lama membagikan internet dari iPhone ke PC / Laptop apabila iPhone menjadi sangat panas dan boros baterai, sebab hal ini secara tidak langsung dapat menurunkan usia atau kesehatan baterai iPhone.

Baik, itu saja informasi cara connect, menghubungkan, atau membagikan koneksi internet dari iPhone ke PC maupun Laptop. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.