Cara Mengatur Tethering di Semua iPhone dan iPad

Tethering atau yang akbrab disapa Hotspot (Personal Hotspot) merupakan metode untuk membagikan internet dari perangkat (iPhone dan iPad) ke perangkat lainnya (misalnya laptop, android, dll.) melalui sambungan seperti WiFi, Bluetooth, hingga kabel USB.


Namun umumnya secara bawaan iPhone tidak menampilkan menu Tethering (Personal Hotspot) sehingga banyak pengguna yang bingung untuk cara mengaktifkannya.

Mengatur APN Terlebih Dahulu

Sebenarnya sederhana, untuk dapat melakukan Tethering atau menampilkan menu Tethering (Personal Hotspot) di iPhone dan iPad, pengguna hanya perlu mengatur pengaturan APN sesuai dengan jaringan operator yang digunakan masing-masing.

APN atau Access Point Name, merupakan konfigurasi yang akan digunakan oleh operator jaringan seluler untuk mengidentifikasi atau menentukan jaringan pada suatu perangkat. APN bisa dikatakan juga sebagai pintu gerbang (gateway) yang menghubungkan antara pengaturan internet di perangkat dengan jaringan operator seluler.

Untuk cara mengatur APN pun sangatlah mudah, kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut ini.

Cara Tethering di iPhone dan iPad

Cara ini berlaku untuk hampir semua iPhone dan iPad (Cellular) terbaru, seperti iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE Gen-1, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE Gen-2, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max, iPad, iPad Mini, iPad Air, iPad Pro, atau lebih baru.

1. Pertama buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Lalu masuk ke menu Seluler (Cellular) kemudian pilih menu Jaringan Data Seluler (Cellular Data Network)


3. Selanjutnya masukan konfigurasi APN dari provider jaringan yang digunakan pada kolom APN yang tersedia, khususnya pada menu Hotspot Pribadi (Personal Hotspot).

Berikut adalah daftar APN sesuai dengan Provider Penyedia Jaringan Seluler yang ada di Indonesia.

Untuk memastikan lebih lanjut soal informasi APN, kalian bisa juga menghubungi provider / operator seluler yang digunakan.

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

Contoh memasukan APN bisa dilihat melalui gambar di bawah berikut:


4. Jika sudah, langkah yang terakhir silakan restart jaringan iPhone dengan cara mengaktifkan Mode Pesawat (Airplane Mode) kemudian menonaktifkannya kembali, tujuannya untuk menyegarkan kembali jaringan dan menerapkan perubahan konfigurasi


Jika berhasil, menu Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi dapat kalian temukan pada menu utama aplikasi Pengaturan, menu tersebutlah yang berfungsi sebagai Tethering internet.



Apabila menu Personal Hotspot masih belum muncul coba tutup aplikasi Pengaturan iPhone kemudian buka kembali, jika masih belum muncul juga coba restart iPhone atau bisa menggunakan cara force restart berikut:

  1. Tekan tombol Volume Atas lalu lepas.
  2. Tekan tombol Volume Bawah lalu lepas.
  3. Tekan dan Tahan terus tombol Power / Lock hingga iPhone menampilkan logo Apple (Restart).

Jika berhasil, menu Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi akan pada menu utama aplikasi Pengaturan.

Cara Mengaktifkan Tethering

Untuk mengaktifkan Tethering / Personal Hotspot tap menu Izinkan Akses (Allow Others to Join).

Sedangkan untuk mengatur Password tap pada menu Kata Sandi Wi-Fi (Wi-Fi Password).


Untuk nama Tethering / Personal Hotspot sendiri akan mengikuti sesuai nama iPhone (Baca Juga: Cara Mengubah Nama Personal Hotspot iPhone dan iPad).

Perangkat yang terhubung ke akun iCloud yang sama dengan perangkat yang mengaktifkan Tethering / Personal Hotspot, dapat langsung terhubung tanpa memerlukan password.

Untuk melihat penggunaan kuota saat Tethering / Personal Hotspot silakan masuk ke menu Seluler (Celluler) > Hotspot Pribadi (Personal Hotspot), selengkapnya: Cara Cek Pemakaian Kuota Hotspot Tethering di iPhone dan iPad

Bagaimana mudah bukan? sebenarnya cara-cara di atas sudah sering Admin bahas namun dengan kata kunci yang berbeda, yakni Personal Hotspot atau Hotspot Pribadi. Keduanya memiliki arti dan maksud yang sama, meskipun iPhone sendiri menggunakan istilah Personal Hotspot untuk mendeskripsikan fitur Tethering ini.