Cara Menggunakan Drag dan Drop File di iPhone (iOS 15)

Banyak fitur yang dibawa oleh iOS 15 yang mungkin tidak kita sadari keberadaanya, salah satunya yakni fitur Drag and Drop (Seret dan Letakan) file atau singkatnya teknik memindahkan sebuah file ke aplikasi lain dengan cara menyeretnya. Jika kalian juga menggunakan iPad, pasti tidak asing lagi dengan cara ini.


Memang, meskipun hal tersebut dapat dilakukan dengan mudah melalui menu Salin (tap dan tahan > salin), namun fitur Drag and Drop memiliki kelebihannya tersendiri sebagai contoh untuk mempercepat proses penyalinan / copy-paste.

Cara Drag and Drop File di iPhone

Cara ini membutuhkan iPhone dengan iOS 15 atau lebih baru, beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin belum sepenuhnya mendukung fitur Drag and Drop.

1. Tap dan langsung seret file keluar dari posisinya, dan jika sudah, tahan file tersebut (jangan dilepas), sebagai contoh perhatikan gambar di bawah berikut:


2. Tetap tahan file pada posisi tersebut, kemudian gunakan jari lainnya untuk membuka aplikasi tujuan file akan disalin


3. Jika sudah, silakan tempatkan file pada area yang diinginkan dan pastikan muncul icon tanda tambah (+) yang berarti file dapat ditempatkan pada area tersebut


4. Silakan lepas file yang ditahan pada area yang diinginkan dan lihat hasilnya


Bagaimana mudah bukan? hal ini dapat kalian lakukan untuk menyisipkan dokumen dalam email, menyalin banyak foto sekaligus, teks atau tulisan, dan lain sebagainya.

Mungkin, beberapa aplikasi pihak ketiga belum sepenuhnya mendukung fitur ini, namun aplikasi bawaan iOS 15 seperti aplikasi Pesan, Catatan, File, Foto, dan lain sebagainya sudah sepenuhnya dapat menggunakan fitur Drag and Drop.

Selain itu beberapa tipe format file yang tidak didukung atau berukuran terlalu besar juga mungkin dapat menyebabkan fitur Drag and Drop tidak bekerja.

Ya, itu saja cara menggunakan Drag and Drop file di iPhone iOS 15, seharusnya fitur ini dapat bekerja secara maksimal dengan fitur Split Screen (membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar), namun sepertinya Apple masih belum menghadirkan fitur tersebut untuk iPhone.