Cara Setting APN di iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max

Salah satu hal penting yang harus dilakukan pengguna baru iPhone adalah mengatur APN. 

APN atau Access Point Name merupakan konfigurasi yang akan digunakan oleh operator jaringan seluler untuk mengidentifikasi atau menentukan jaringan pada suatu perangkat. APN bisa dikatakan juga sebagai pintu gerbang atau gateway yang menghubungkan antara pengaturan internet di perangkat dengan jaringan operator seluler.

Salah satu fungsi penting mengapa disarankan untuk mengatur APN adalah untuk mengaktifkan beberapa fitur yang berhubungan dengan jaringan, misalnya fitur Personal Hotspot / Hotspot Pribadi pada iPhone dan iPad. Personal Hotspot sendiri merupakan fitur yang digunakan untuk membagikan internet dari iPhone ke perangkat lainnya melalui sambungan seperti WiFi, Kabel, hingga Bluetooth.


Nah, karena banyaknya pertanyaan soal cara mengatur APN di iPhone 12, khusus pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara setting APN khusus bagi pengguna iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max, meskipun sebenarnya cara ini dapat kalian terapkan juga untuk iPhone lainnya.

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Setting / Mengatur APN di iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max

1. Pertama-tama silakan buka aplikasi Pengaturan 

2. Kemudian masuk ke menu Seluler > Jaringan Data Seluler


3. Sekarang silakan masukan informasi APN pada seluruh kolom APN yang tersedia

Sebagai contoh, bagi pengguna operator Telkomsel silakan masukan " telkomsel " (tanpa tanda petik ya) pada seluruh kolom APN, sedangkan untuk menu Nama PenggunaKata sandi dan lain sebagainya tidak perlu diisi. Berikut contohnya:


Masukan APN berikut ke dalam kolom APN seperti yang ditunjukkan gambar di atas. (pilih sesuai dengan operator yang digunakan)

  • Telkomsel, masukan APN: telkomsel
  • Indosat, masukan APN: indosatgprs
  • XL, masukan APN: internet
  • Smartfren, masukan APN: smartfren4g
  • Axis, masukan APN: axis
  • Tri, masukan APN: 3gprs
  • By.u, masukan APN: byu

4. Apabila sudah selesai silakan kembali ke menu utama aplikasi Pengaturan, kemudian nyalakan menu Mode Pesawat (Airplane Mode) lalu tunggu hingga sekitar 5 detik dan matikan kembali menu Mode Pesawat tersebut, selesai.

Sebagai Informasi Tambahan, apabila menu Personal Hotspot belum juga muncul silakan tutup aplikasi Pengaturan kemudian buka kembali. Apabila masih belum muncul juga coba lakukan restart iPhone (matikan kemudian nyalakan kembali).

Menu Personal Hotspot dapat kalian temukan di dalam aplikasi Pengaturan, tepatnya dibawah menu Seluler.