Berikut iPhone yang Bisa Dilacak Dalam Keadaan Mati / Offline

Melalui iOS 15 pengguna dapat melacak keberadaan iPhone yang hilang bahkan ketika iPhone yang hilang tersebut dalam keadaan mati atau offline (tidak terhubung ke internet). Fitur ini bahkan tetap bekerja meskipun iPhone telah direset namun dalam keadaan yang masih terkunci Aktivasi iCloud (Activation Lock).

Sama seperti cara kerja AirTag, di iOS 15 iPhone yang dimatikan tidaklah benar-benar mati namun masuk ke dalam mode daya yang sangat rendah, sehingga pelacakan masih tetap mungkin untuk dilakukan.

Cara Kerja Pelacakan iPhone yang Dalam Keadaan Mati / Offline


Dalam keadaan mati atau offline iPhone mampu mengirimkan sinyal ping melalui jaringan Bluetooth ke perangkat Apple sekitar yang melintas, dengen ketentuan bahwa perangkat Apple yang melintas tersebut tergabung juga dalam jaringan Find My Network atau Jaringan Lacak.

Secara default atau pengaturan bawaan seluruh iPhone umumnya sudah tergabung secara otomatis ke dalam jaringan Find My Network / Jaringan Lacak. Untuk memastikannya kalian bisa cek melalui aplikasi Pengaturan (Settings) tap Akun iCloud di paling atas lalu pilih Lacak (Find My) kemudian pilih menu Cari iPhone Saya (Find My iPhone).


Karena menggunakan jaringan Bluetooth, perangkat yang melintas tidak boleh terlalu jauh dari lokasi hilangnya iPhone. Yakni sejauh jarak jangkauan Bluetooth.

Nah, ketika iPhone ditemukan oleh perangkat lain yang melintas, maka informasi lokasi iPhone yang hilang tersebut secara otomatis akan dikirimkan ke server Apple oleh perangkat Apple lain yang menemukannya, untuk nantinya informasi lokasi diteruskan ke pemilik iPhone yang hilang. Tenang saja, seluruh proses ini ter-enkripsi sehingga perangkat Apple dari pengguna lainnya yang membantu menemukan iPhone yang hilang tersebut, tidak dapat mengetahui lokasi iPhone yang hilang juga informasi pemiliknya.

Daftar iPhone yang Bisa Dilacak dalam Keadaan Mati / Offline


Sayangnya, fitur pelacakan iPhone yang mati / offline tidak dapat bekerja di semua iPhone atau perangkat Apple. Saat ini dibutuhkan setidaknya iOS 15 serta beberapa iPhone berikut saja:

  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11

Dukungan tersebut berkat hadirnya chip U1 Ultra Wideband atau UWB pada iPhone yang masuk dalam daftar di atas. Meski perangkat Apple lainnya seperti Apple Watch Series 6 juga memiliki chip U1 UWB, Apple Watch Series 6 tersebut tetap tidak dapat dilacak ketika masuk dalam keadaan mati.

Ya, untuk sementara sepertinya fitur ini hanya eksklusif bagi beberapa perangkat iPhone saja.