Cara Buka Aplikasi Barcode dan QR Scanner Bawaan iPhone

Secara bawaan aplikasi Kamera iPhone dapat melakukan Scanning langsung terhadap kode QR yang terdeteksi.


Namun di samping itu, pengguna juga dapat menggunakan aplikasi Pemindai Kode atau Code Scanner yang juga merupakan aplikasi bawaan iPhone (tidak perlu download lagi), namun letaknya memang agak tersembunyi.

Keunggulan menggunakan aplikasi Code Scanner yakni bukan hanya dapat scan kode QR saja, melainkan juga Barcode yang belum dapat dideteksi melalui aplikasi Kamera bawaan iPhone, setidaknya hingga postingan ini ditulis.

Baik kalau begitu langsung saja ikuti cara-cara berikut untuk membuka dan mengakses aplikasi Code dan QR Scanner bawaan iPhone.

Melalui Pusat Kontrol (Control Center)

Salah satu cara mudah mengakses aplikasi Code Scanner bawaan iPhone yakni melalui Control Center. Namun pengguna perlu menambahkannya terlebih dahulu secara manual, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Pusat Kontrol (Control Center)

3. Lalu cari dan tambahkan (tap icon "+") pada menu Pemindai Kode (Code Scanner)


Informasi tambahan, kalian juga dapat mengatur posisi menu Code Scanner di Control Center dengan cara tap dan tahan icon 3 garis disamping menu, lalu seret ke atas atau bawah (urutkan) sesuai keinginan.

4. Jika sudah langsung saja buka Pusat Kontrol / Control Center iPhone dan tap pada menu Code Scanner yang tadi sudah ditambahkan

Melalui Pencarian iPhone

Aplikasi Code Scanner memang tidak tampil di Home Screen iPhone, namun kalian dapat dengan mudah mengaksesnya melalui halaman Pencarian / Search dengan mengetikan kata kunci "Pemindai Kode" atau dalam Bahasa Inggris "Code Scanner".


Melalui Siri

Selain kedua cara di atas, kalian juga dapat memanfaatkan Virtual Assistant, Siri, untuk membuka aplikasi Code Scanner, caranya cukup katakan perintah "Open Code Scanner App" dan aplikasi Pemindai Kode atau Code Scanner akan terbuka.

Scan Kode QR Melalui Aplikasi Kamera Bawaan iPhone

Apabila kalian hanya ingin scan kode QR kalian dapat melakukannya dengan cepat melalui aplikasi Kamera bawaan iPhone, untuk mengaturnya silakan buka aplikasi Pengaturan > Kamera lalu aktifkan atau nonaktifkan menu Pindai Kode QR (Scan QR Codes).

Secara otomatis aplikasi Kamera bawaan iPhone akan mendeteksi kode QR yang ditangkap oleh Kamera.

Nah, bagaimana mudah bukan? pilihannya cukup sederhana, untuk Scan kode QR dengan cepat kalian dapat memanfaatkan aplikasi Kamera bawaan iPhone, sedangkan untuk scan kode yang lebih lengkap kalian dapat menggunakan aplikasi Pemindai Kode atau Code Scanner yang juga merupakan aplikasi bawaan iPhone namun letaknya memang agak sedikit tersembunyi.