Cara Mengatasi Zona Waktu / Time Zone iPhone Tidak Bisa Diganti

Ingin mengubah / mengganti pengaturan Zona Waktu / Time Zone di iPhone, iPad, atau iPod touch namun menu-nya tidak bisa dipilih, error, atau muncul icon loading? tidak perlu khawatir pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara-cara mengatasinya.


Sebelum melanjutkan perlu diketahui bahwa iPhone dapat mengatur Zona Waktu secara otomatis tergantung area tempat kalian berada, setidaknya dibutuhkan akses internet serta aktifnya layanan lokasi (tepatnya "Mengatur Zona Waktu" pada menu Layanan Lokasi > Layanan Sistem).

Namun, bagi kalian yang ingin mengubah / mengganti Zona Waktu di iPhone namun mengalami kendala yakni menu tidak bisa diubah, error, atau muncul icon loading, langsung saja ikuti cara di bawah berikut untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Zona Waktu / Time Zona iPhone Tidak Bisa Diubah / Ganti

Untuk dapat mengatur dan memilih Zona Waktu secara manual, pengguna perlu menonaktifkan terlebih dahulu menu Atur Secara Otomatis / Set Automatically kemudian tap pada menu Zona Waktu.


Namun apabila langkah-langkah di atas sudah dilakukan dan tidak juga membuahkan hasil, serta muncul pesan "Zona waktu tidak dapat diatur secara manual karena pembatasan perangkat", langsung saja ikuti cara-cara di bawah berikut untuk mengatasinya.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Durasi Layar (Screen Time)

3. Jika sudah silakan nonaktifkan menu Bagikan di Semua Perangkat (Share Across Devices)


4. Terakhir silakan coba ubah kembali Zona Waktu iPhone dan lihat hasilnya (jangan lupa nonaktifkan terlebih dahulu menu Atur Secara Otomatis / Set Automatically)

Apabila masih tidak bisa juga coba menonaktifkan sementara fitur Durasi Layar lalu Restart iPhone dan coba kembali, jika masih tidak bisa juga pertimbangkan untuk Mereset Pengaturan iPhone melalui Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Transfer atau Reset iPhone > Atur Ulang (Reset) > Atur Ulang Pengaturan (Reset All Settings).

Selain itu coba juga untuk mengupdate iOS ke versi terbaru apabila tersedia.

Tips Agar iPhone Mengatur Zona Waktu secara Otomatis

Pastikan fitur Layanan Lokasi (Location Services) serta Mengatur Zona Waktu (Setting Time Zone) dalam keadaan aktif.

  • Untuk memastikannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) > Privasi (Privacy) > Layanan Lokasi (Location Services) > Layanan Sistem (System Services) lalu pastikan menu Mengatur Zona Waktu (Setting Time Zone) dalam keadaan aktif.

Selanjutnya pastikan juga tersedia jaringan internet di iPhone kalian. Jika sudah seharusnya iPhone dapat mengatur waktu menyesuaikan dengan area tempat kalian berada. Namun jika belum juga, kalian dapat mengubahnya secara manual melalui cara di atas tadi.

Baik itu saja informasi cara mengatasi Zona Waktu / Time Zone di iPhone yang tidak bisa diubah / ganti. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.