Status Jailbreak iOS / iPadOS 14.7 untuk iPhone dan iPad

Apple baru saja merilis update iOS 14.7 serta iPadOS 14.7 yang membawa sejumlah perbaikan dan peningkatan. Tidak banyak perubahan yang dibawa oleh iOS / iPadOS 14.7 mengingat iOS 15 akan segera dirilis beberapa bulan lagi.


Bagi pengguna pada umumnya menginstall dan mengupdate ke iOS / iPadOS 14.7 adalah hal yang penting untuk memastikan iPhone dan iPad dapat bekerja dengan optimal. Namun di sisi lain tidak sedikit juga pengguna yang menginginkan akses jailbreak di iPhone dan iPad-nya.

Lalu bagaimanakah status Jailbreak untuk iOS 14.7 serta iPadOS 14.7 saat ini?

Status Jailbreak iOS / iPadOS 14.7

Saat postingan ini ditulis belum ada satupun aplikasi jailbreak yang secara resmi mengumumkan dukungan jailbreak untuk iOS 14.7 serta iPadOS 14.7. Meskipun begitu satu-satunya harapan jailbreak yang tersedia saat ini berasal dari aplikasi Checkra1n.

Menggunakan exploit hardware-based serta bersifat Semi-Tethered, aplikasi Checkra1n dapat dengan mudah mendapatkan akses jailbreak permanen untuk iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE (Gen-1), iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, serta iPhone X.


Namun sayangnya exploit yang digunakan oleh aplikasi Checkra1n tidak bekerja untuk iPhone Xr atau lebih baru, sehingga menyisakan dukungan jailbreak untuk iPhone 5S hingga iPhone X saja.

Sedangkan untuk pengguna iPhone Xr, iPhone XS, iPhone 11, iPhone SE (Gen-2), dan iPhone 12 sampai saat ini diketahui belum ada satupun akses jailbreak yang tersedia untuk iOS 14.7 yang dirilis ke publik. Terakhir satu-satunya akses jailbreak yang tersedia untuk iPhone Xr hingga iPhone 12 yakni pada iOS 14.0 hingga iOS 14.3 yang bisa didapatkan melalui aplikasi Unc0ver maupun Taurine.

Cara Jailbreak iOS 14.7

Saat ini meskipun belum ada informasi secara resmi apakah aplikasi Checkra1n dapat bekerja untuk jailbreak iOS / iPadOS 14.7 atau tidak, pengguna iPhone 6S, iPhone 6S Plus, iPhone SE (Gen-1), iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus serta iPhone X dapat mencobanya langsung.

Namun risiko tentu ditanggung masing-masing, tidak ada jaminan aplikasi Checkra1n dapat bekerja dengan baik untuk iOS / iPadOS 14.7. Selain itu selalu ada risiko iPhone mengalami masalah ketika jailbreak gagal dilakukan yang berujung pada Restore iPhone kembali ke pengaturan pabrik, jadi backup data-data penting sebelum melanjutkan, Do with Your Own Risk!

Saat ini aplikasi Checkra1n hanya dapat dijalankan melalui komputer yakni Linux dan macOS. Jailbreak bersifat Semi-Tethered yang artinya apabila iPhone masuk dalam keadaan mati (termasuk restart), maka akses jailbreak akan hilang namun tidak perlu khawatir data-data jailbreak tidak akan hilang ketika proses jailbreak ulang dilakukan.


Sedangkan bagi pengguna iPhone Xr atau lebih baru, jika benar-benar menginginkan akses jailbreak tetap tahan pada iOS 14.7 atau lebih lama dan sabar menunggu hingga ada informasi selanjutnya.