Cara Atur (Mematikan/Memperbesar) Suara Keyboard iPhone dan iPad

Secara default (bawaan) iPhone akan mengeluarkan suara setiap kali tombol keyboard ditap/tekan. Suara yang dihasilkan keyboard tersebut mungkin terasa sangat nyaman ketika didengarkan, namun disisi lain suara tersebut bisa dijadikan indikator oleh orang sekitar bahwa kalian sedang mengetik, singkatnya mengganggu privasi.


Nah, pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara mengatur tepatnya memperbesar suara keyboard atau mematikan suara keyboard tersebut agar tidak lagi bersuara lagi ketika mengetik.

Caranya mudah, kalau begitu langsung saja ikuti tutorial di bawah berikut.

Cara Mematikan Suara Keyboard iPhone

Suara Keyboard iPhone dapat dimatikan secara total melalui aplikasi Pengaturan, atau jika hanya ingin dimatikan sementara bisa menggunakan tombol Silent (tombol disamping kiri atas iPhone) namun tombol Silent ini akan menonaktifkan juga suara untuk notifikasi serta panggilan.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Bunyi & Haptik (Sounds & Haptics)

3. Selanjutnya cari dan nonaktifkan menu Klik Papan Ketik (Keyboard Clicks)


4. Jika sudah maka keyboard tidak akan mengeluarkan suara lagi ketika mengetik

Cara Memperbesar/Memperkecil (Mengatur) Suara Keyboard iPhone

Nah, bagi yang ingin mengatur suara keyboard iPhone entah itu diperbesar atau diperkecil, kalian dapat melakukannya dengan sangat mudah. Namun perlu diketahui bahwa pengaturan suara keyboard iPhone merupakan pengaturan yang digunakan juga untuk mengatur suara nada dering serta notifikasi, jadi memperbesar suara keyboard akan memperbesar juga suara nada dering serta notifikasi.

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings) iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Bunyi & Haptik (Sounds & Haptics)

3. Sekarang silakan geser menu DERING DAN PERINGATAN (RINGER AND ALERTS), contohnya bisa lihat gambar di bawah berikut:


4. Jika sudah silakan cek hasilnya

Sebagai tambahan, suara keyboard iPhone yang diperbesar mungkin bunyinya tidak terlalu terdengar atau tidak terlalu terasa perbedaaanya, jadi pastikan mengatur suara keyboard di ruangan yang hening.

Selain itu perlu diketahui juga bahwa suara keyboard iPhone memang tidak bisa bunyi sangat kencang, jadi mungkin tidak akan terlalu terdengar ketika berada di luar ruangan meskipun sudah diatur untuk diperbesar.

Baik, itu saja informasi cara mengatur (mematikan/memperbesar) suara keyboard di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.