Cara Mengatasi Suara Notifikasi iPhone Tidak Bunyi atau Keluar

Notifikasi masuk di iPhone kalian tidak bunyi atau muncul? bahkan banner notifikasi yang seharusnya muncul di atas layar juga ikut tidak muncul? tidak perlu khawatir pada postingan kali ini Admin akan membagikan cara lengkap dan mudah untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.


Cek Tombol Silent/Heningkan pada iPhone

Nah, penyebab umum yang jarang disadari oleh pengguna yakni Tombol Silent/Heningkan pada iPhone dalam keadaan diaktifkan. Hal ini menyebabkan iPhone mengheningkan suara notifikasi, panggilan, dan suara pemberitahuan yang lainnya.

Untuk mengatasinya cukup mudah, pastikan Tombol Silent yang berada di sisi samping sebelah kiri atas iPhone, berada di posisi mengarah ke layar atau sebelah kanan. Tepatnya apabila Tombol Silent menunjukkan garis berwarna orange berarti suara iPhone dalam keadaan diheningkan/silent.


Cek Pengaturan Suara Silent/Heningkan iPhone

Tombol Silent pada iPhone bukan satu-satunya akses untuk mengheningkan/silent suara iPhone. Terdapat pengaturan yang digunakan untuk membesar/kecilkan suara Notifikasi (termasuk panggilan). Biasanya pengaturan suara notifikasi yang terlalu rendah sering disangka bahkan suara notifikasi tidak muncul.

Untuk mengatasinya, silakan masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) > Bunyi & Haptik (Sounds & Haptics) kemudian pada menu DERING & PERINGATAN (RINGER AND ALERTS) silakan atur volume suara ke paling kanan/paling besar. Contohnya lihat gambar di bawah berikut:


Selain itu apabila kalian juga seringkali menggunakan AssistiveTouch, silakan buka AssitiveTouch lalu masuk ke menu Perangkat (Device) lalu cek menu/icon lonceng, apabila Silent/Heningkan dalam keadaan aktif, silakan tap Bunyikan/Unmute untuk mengembalikan suara iPhone.

Nonaktifkan mode Jangan Ganggu

Apabila kalian mengaktifkan mode Jangan Ganggu (Do Not Disturb) maka wajar saja jika suara notifikasi tidak muncul, sebab mode tersebut ketika diaktifkan memang akan mengheningkan/silent seluruh suara notifikasi termasuk panggilan.

Untuk menonaktifkannya bisa melalui Pusat Kontrol (Control Center) yakni tap pada icon Bulan Sabit, atau masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) > Jangan Ganggu (Do Not Disturb).


Restart iPhone

Nah, jika pengaturan suara dalam kondisi volumenya sudah paling besar, tombol silent/hening serta pengaturannya sudah dalam keadaan tidak diaktifkan, namun suara notifikasi masih belum juga muncul, coba Restart (matikan lalu nyalakan kembali) iPhone dan lihat hasilnya.

Apabila masih tidak juga mengeluarkan notifikasi, langsung saja lanjutkan cara selengkapnya di bawah berikut.

Cek Pengaturan Notifikasi Aplikasi yang Tidak Bunyi

Apakah Notifikasi tidak bunyi untuk aplikasi tertentu saja? jika ya, coba cek pengaturan notifikasi aplikasi tersebut apakah dalam keadaan aktif atau tidak, berikut caranya:

1. Buka aplikasi Pengaturan (Settings)

2. Kemudian masuk ke menu Pemberitahuan (Notifications)

3. Selanjutnya cari dan pilih aplikasi yang suara notifikasinya tidak bunyi

4. Jika sudah pastikan menu Izinkan Pemberitahuan (Allow Notifications) sudah diaktifkan, kemudian menu Bunyi (Sounds) juga sudah dalam keadaan aktif (default bunyi: Catatan/Note), kemudian pastikan juga pengaturan peringatan lainnya dalam keadaan aktif.


Pastikan Kontak Tidak Dibisukan/Silent

Khusus aplikasi chat tertentu, misalnya WhatsApp, ada pengaturan yang digunakan untuk Mengheningkan/Silent kontak tertentu. Jadi, silakan cek juga apakah ada kemungkinan bahwa kontak tertentu telah disilent atau tidak.

Contohnya seperti aplikasi WhatsApp, silakan buka Profil pengguna kemudian cek apakah menu Bisukan Notifikasi dalam keadaan aktif atau tidak. Jika aktif, silakan dibunyikan untuk mengaktifkan suara notifikasi.

Nonaktifkan Mode Daya Rendah

Cara selanjutnya coba menonatifkan mode daya rendah pada iPhone apabila sedang diaktifkan, caranya silakan buka Pusat Kontrol (Control Center) iPhone kemudian tap pada icon Baterai, atau masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) > Baterai (Battery).

Aktifkan Segarkan App di Latar

Fitur Segarkan App di Latar (Background App Refresh) berfungsi mengizinkan aplikasi agar dapat berjalan dan menerima pemberitahuan saat sedang tidak digunakan. Dengan aktifnya fitur ini mungkin akan membantu aplikasi dalam berjalan dan menerima notifikasi.

Untuk mengaktifkannya silakan masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Segarkan App di Latar (Background App Refresh).

Pastikan Tanggal dan Waktu Sudah Benar

Selanjutnya pastikan juga pengaturan Tanggal dan Waktu di iPhone kalian sudah benar sesuai dengan tanggal dan waktu saat ini.

Untuk mengatur atau memeriksanya silakan buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Tanggal & Waktu (Date & Time).

Agar lebih mudah kalian dapat mengaktifkan menu Atur Secara Otomatis (Set Automatically), agar iPhone dapat menentukan tanggal dan waktu secara otomatis berdasarkan area tempat kalian berada saat ini.


Nonaktifkan VPN (Jika Ada)

Menggunakan VPN? coba sementara nonaktifkan terlebih dahulu dan lihat hasilnya. Untuk menonaktifkan VPN silakan masuk ke aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Manajemen VPN & Perangkat (Management VPN & Device) > VPN.

Atur Ulang Pengaturan iPhone

Apabila cara-cara di atas tidak juga membuahkan hasil dan suara notifikasi tidak juga bunyi, pertimbangkan untuk mencoba mereset Pengaturan iPhone kembali ke pengaturan awal (tanpa menghapus data).

Jika setuju, kalian dapat melakukannya melalui aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Transfer atau Atur Ulang iPhone (Transfer or Reset iPhone) > Atur Ulang (Reset) > Atur Ulang Pengaturan (Reset All Settings).

Install Ulang Aplikasi yang Bermasalah

Cara ini khusus bagi yang salah satu aplikasinya bermasalah, yakni pengaturan notifikasi sudah diaktifkan, iPhone sedang tidak disilent/heningkan, dan lain sebagainya namun aplikasi tertentu yang bermasalah tersebut masih juga tidak mengeluarkan bunyi notifikasi.

Yakni pertimbangkan untuk menghapus aplikasi yang bermasalah tersebut kemudian menginstallnya kembali. Jangan lupa, apabila ada data yang belum disimpan silakan simpan terlebih dahulu, atau kalian bisa mencoba fitur Offload/Keluarkan App untuk menghapus aplikasi tanpa menghapus datanya (Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Penyimpanan iPhone (iPhone Storage) lalu pilih aplikasi dan tap Offload/Keluarkan App. Untuk menginstallnya kembali tap icon aplikasi yang dioffload melalui home screen)

Update ke iOS Versi Terbaru

Cara terakhir, silakan update versi iOS pada iPhone ke versi terbaru yang tersedia saat ini. Sebelum itu gunakan jaringan WiFi atau jaringan 5G (kalau mendukung), kemudian buka aplikasi Pengaturan (Settings) > Umum (General) > Pembaruan Perangkat Lunak (Software Update).


Jika tersedia, silakan download dan install pembaruan iOS versi terbaru tersebut. Setelah selesai silakan lihat kembali hasilnya.

Bagaimana apakah sudah berhasil? Admin harap begitu ya.. hehe.

Baik sekian dulu informasi cara emngatasi suara notifikasi di iPhone yang tidak bunyi/keluar. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah ya.