Cara Menggunakan Fitur Background Sounds di iPhone dan iPad

Melalui iOS 15 dan iPadOS 15 Apple memperkenalkan beragam fitur Akesibilitas terbaru salah satunya Bunyi Latar Belakang atau Background Sounds


Fitur Backgrounds Sounds sendiri didesain untuk membantu pengguna tetap fokus, tenang, dan meminimalisir gangguan sekitar dengan cara memutar bunyi yang disediakan, seperti hujan, stream, samudra, kebisingan gelap, kebisingan nyaring, serta kebisingan seimbang. Suara background yang diputar tersebut akan bercampur dengan suara lainnya namun dengan volume yang lebih kecil atau dapat diatur sesuai keinginan.

Untuk mencoba mengaktifkan atau menggunakan fitur Background Sounds, langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menggunakan dan Mengaktifkan fitur Background Sounds di iPhone dan iPad

Fitur ini membutuhkan setidaknya iOS 15 dan iPadOS 15.

1. Buka aplikasi Pengaturan iPhone

2. Kemudian masuk ke menu Akesibilitas > Audio / Visual

3. Lalu pilih menu Suara Latar Belakang (Background Sounds)


4. Sekarang aktifkan fitur Bunyi Latar Belakang dan pilih menu Bunyi untuk memutar bunyi yang diinginkan


Biasanya iPhone akan secara otomatis akan mendownload terlebih dahulu bunyi yang dipilih, siapkan koneksi internet untuk mendownload

5. Jika sudah maka bunyi latar belakang / background sounds otomatis akan terputar sesuai dengan bunyi yang dipilih

Karena bunyi tersebut bersifat layaknya berada disekitar pengguna maka suara tersebut akan terus terputar (dalam volume kecil yang bisa diatur) meskipun pengguna memainkan suara dari sumber lainnya, entah itu musik, video, dan lain sebagainya.

Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini secara cepat, pengguna dapat menambahkan pintasan Hearing / Pendengaran pada Pusat Kontrol.