Cara Menambahkan Lokasi pada Foto atau Video di iPhone dan iPad

Secara bawaan aplikasi Kamera di iPhone dan iPad akan meminta izin ke penggunanya untuk mengakses lokasi yang tujuannya agar setiap foto atau video yang diambil, iPhone juga akan menyertakan lokasinya.

Dengan adanya informasi lokasi yang disertakan tersebut, pengguna dapat dengan mudah mengetahui dimana lokasi foto atau video yang mereka ambil sebelumnya. iPhone juga dapat mengkategorikan foto berdasarkan lokasinya.


Namun mungkin tidak sedikit yang lupa mengaktifkan izin layanan lokasi untuk aplikasi Kamera atau sedang tidak mendapatkan akses internet saat itu, sehingga informasi lokasi tidak disertakan pada foto / video yang diambil.

Nah, melalui iOS 15 pengguna iPhone dan iPad dapat menambahkan secara manual lokasi pada Foto maupun Video, bahkan mengubah informasi lokasi yang sudah ada. Dengan begitu kalian dapat menambahkan secara manual lokasi pada Foto / Video yang sebelumnya tidak sempat terambil.

Bagaimana tertarik? kalau begitu langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini.

Cara Menambahkan Lokasi pada Foto dan Video di iPhone atau iPad

1. Buka aplikasi Foto kemudian pilih Foto yang akan ditambahkan lokasinya

2. Selanjutnya pilih menu Berbagi (di pojok kiri bawah layar) lalu pilih menu Edit Lokasi


3. Sekarang masukan dan pilih lokasi yang diinginkan / tempat foto tersebut diambil (ketik secara manual)


4. Jika sudah untuk mengecek lokasi pada Foto / Video, silakan usap foto ke arah atas atau tap pada menu (i)


Selain informasi lokasi, kalian juga akan menemukan informasi detail lainnya seputar waktu, kamera, resolusi, ukuran, format, dan lain sebagainya.

Untuk mengembalikan lokasi ke bentuk semulanya, silakan ulangi langkah ke 2 di atas (pilih Edit Lokasi) kemudian tap menu Kembalikan.

Bagaimana gampang kan? kalau begitu sekian informasi cara menambahkan atau mengubah lokasi pada foto dan video di iPhone dan iPad. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.