Cara Melihat Sumber Asal Foto dan Video iPhone Diambil / Disimpan

Penasaran ingin melihat Sumber Foto atau Video yang ada di Galeri Foto iPhone kalian berasal? mudah sekali, melalui iOS 15 dan iPadOS 15 pengguna iPhone, iPad, serta iPod touch dapat melihat dan mengetahui secara langsung asal sumber Foto maupun Video yang disimpan, didownload, diambil, atau didapatkan dimana dan darimana.

Namun perlu diketahui sumber yang ditampilkan terbatas pada aplikasi tempat foto atau video tersebut diambil / disimpan, misalnya dari aplikasi Instagram, WhatsApp, Facebook, Pinterest, File, bahkan dari Google (melalui browser seperti Safari, Chrome, dll.).


Selain melihat sumber Foto dan Video tersebut berasal, pengguna juga dapat melihat informasi detail lainnya seperti tanggal dan waktu disimpan, ukuran, resolusi, lokasi foto atau video diambil, detail kamera yang digunakan, dan lain sebagainya.

Sebagai informasi tidak semua foto dan video menampilkan informasi lokasi serta detail kamera yang digunakan, terutama foto atau video yang berasal dari luar iPhone.

Bagi yang penasaran langsung saja ikuti cara-caranya berikut ini. (cara ini membutuhkan setidaknya iOS 15 dan iPadOS 15)

Cara Lihat Sumber Asal Foto dan Video di iPhone dan iPad

1. Buka aplikasi Galeri Foto iPhone

2. Kemudian buka Foto atau Video yang diinginkan

3. Jika sudah Usap sembarang tempat pada Foto atau Video ke arah atas atau tap pada menu (i), contohnya lihat gambar di bawah


4. Jika sudah kalian akan menemukan dari mana Foto atau Video tersebut berasal serta informasi lainnya


5. Contoh gambar di atas menunjukan Foto berasal dari aplikasi File

Kalian juga dapat melihat asal foto atau video lainnya yang berasal dari sumber yang sama dengan cara tap pada menu / tampilan aplikasi Sumber.


Untuk melihat Foto atau Video yang diambil pada lokasi yang sama caranya juga tidak jauh berbeda, silakan tap pada lokasi map kemudian tap Tampilkan Foto Di Sekitar lalu tap lagi icon Foto pada Map.

Bagaimana mudah bukan? meski begitu perlu diketahui bahwa informasi sumber hanya akan tampil apabila foto atau video tersebut disimpan atau bersumber dari luar iPhone. Untuk foto atau video yang berasal dari iPhone sendiri biasanya akan tampil model perangkat yang digunakan serta informasi dasar dan detail lainnya seperti lokasi, bukaan kamera, format foto, dll.

Baik, itu saja informasi seputar cara melihat sumber foto dan video di iPhone, iPad, dan iPod touch berasal. Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan atau sampaikan, langsung saja tinggalkan melalui kolom komentar di bawah.